• Sabtu, 21 Mei 2022

Kisah Hidupnya Dibikin Buku, Marsekal Hadi Tjahjanto: NKRI Sebagai Rumah yang Harus Dijaga Sampai Akhir Hayat

- Senin, 24 Januari 2022 | 12:39 WIB
Peluncuran buku Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP. Mengabdi Untuk Rakyat.  (Foto: Samento Sihono)
Peluncuran buku Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP. Mengabdi Untuk Rakyat. (Foto: Samento Sihono)


JOGJA,harianmerapi.com-Dua penulis Yadi Hendriana dan Herik Kurniawan membuat buku berjudul 'Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP. Mengabdi Untuk Rakyat.
buku itu menceritakan dedikasi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP sebagai prajurit TNI profesional dan kiprahnya selama menjadi panglima TNI.

Ditemui dalam acara bedah buku Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Bentara Budaya Yogyakarta, Minggu (23/1/2022), Herik Kurniawan mengatakan buku dibuka dengan sekelumit kisah masa kecil Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang sangat bersahaja sebagai anak seorang Sersan.

Cita-citanya untuk menjadi prajurit TNI tercapai setelah berhasil masuk Akademi Angkatan Udara. Kebersahajaan terus melekat hingga mendapat kepercayaan menjadi Panglima TNI.

Baca Juga: Klarifikasi Edy Mulyadi Soal Kalimantan Tempat Jin Buang Anak: Saya Siap Minta Maaf

"Selama menjabat sebagai panglima TNI, beliau selalu berkomitmen untuk mengembangkan TNI dan meningkatkan profesionalisme para prajuritnya," katanya.

Selama menjadi panglima, juga mengadakan latihan gabungan berskala besar, termasuk melibatkan negara sahabat juga digelar. Mengantisipasi perkembangan teknologi yang semakin hebat, Hadi Tjahjanto memperkuat Satuan Siber dengan meresmikan Sistem Siber TNI.

"Sitem siber menjadi salah satu pertahanan dalam menghadapi tantangan di masa mendatang yang kian kompleks," jelasnya.

Dijelaskan, hal itu karena dia dapat melihat jauh tantangan yang akan dihadapi. Di mana pertempuran tidak hanya secara fisik saja namun saat ini sudah masuk ke era pertempuran asimetris.

Baca Juga: Perjalanan Kehidupan Drummer The Beatles, Ringo Starr Dituangkan dalam Buku Komik Baru

"Baginya, NKRI adalah rumah besar yang akan dijaga dan dipertahankan sampai akhir hayat. Berbagai situasi yang tidak menentu di sejumlah daerah di tanah air dihadapi dan ditangani secara tegas tapi tetap humanis," ucapnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X