• Sabtu, 21 Mei 2022

Curah Hujan Meningkat, Tim Gabungan Disiagakan Antisipasi Bencana Alam di Sukoharjo

- Senin, 24 Januari 2022 | 10:45 WIB
 Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat mengecek kesiapan petugas dan peralatan penanganan bencana alam.  (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat mengecek kesiapan petugas dan peralatan penanganan bencana alam. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)


SUKOHARJO, harianmerapi.com- Tim gabungan di Kabupaten Sukoharjo masih disiagakan mengantisipasi terjadinya bencana alam. Sebab curah hujan dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Selain itu, juga disertai angin kencang. Petugas siaga penuh terhadap kemungkinan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Senin (24/1/2022) mengatakan, tim gabungan tetap disiagakan. Petugas sudah bersiap apabila terjadi bencana alam kapan saja. Kesiapan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam penanganan bencana alam.

Kesiapsiagaan dilakukan tim gabungan setelah melihat kondisi perkembangan cuaca. Sebab curah hujan dalam beberapa hari terakhir terus mengalami peningkatan. Beberapa wilayah bahkan sudah terdampak banjir. Akibatnya warga yang rumahnya terendam air terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 IDI Ingatkan Omicron Sudah Masuk Lingkungan Keluarga, Masyarakat Diminta Waspada

"Tim gabungan sudah siap. Petugas tetap akan langsung turun membantu masyarakat begitu ada bencana alam. Kesiapsiagaan kami lakukan karena curah hujan terus meningkat," ujarnya.

Petugas yang terlibat dalam membantu penanganan bencana alam seperti dari BPBD, SAR, Polri, TNI, PMI, Dinas Sosial dan lainnya. Petugas sudah mendapatkan pembagian tugas sendiri sesuai dengan kewenangan dalam penanganan bencana alam.

"Kami juga melibatkan pihak desa, kelurahan dan kecamatan dalam membantu memantau wilayah. Apabila ada kejadian bencana alam maka bisa langsung dilaporkan ke BPBD," lanjutnya.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Coba-coba Permainan Masangin di Beringin Kembar, Tak Menyangka Tersesat ke Dunia Lain

BPBD Sukoharjo dengan peningkatan curah hujan seperti sekarang memperketat pemantauan dan koordinasi dengan melibatkan tim gabungan. Beberapa wilayah dipantau ketat mengingat masuk wilayah rawan bencana alam seperti banjir karena dilintasi aliran sungai atau kali.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Kritik PPN Hasil Pertanian Tertentu

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:30 WIB
X