• Senin, 23 Mei 2022

Tjahjo Kumolo Pastikan Rekrutan PPPK Akan Lebih Banyak Dibanding PNS

- Senin, 24 Januari 2022 | 06:00 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo.  (ANTARA/HO-Kemenpan RB)
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (ANTARA/HO-Kemenpan RB)

JAKARTA, harianmerapi.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan Pemerintah akan menerapkan kebijakan untuk merekrut lebih banyak Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) daripada Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kebijakan tersebut serupa dengan peraturan di beberapa negara maju, yakni jumlah PNS pembuat kebijakan lebih sedikit daripada jumlah PPPK, sehingga upaya percepatan reformasi birokrasi dapat segera terwujud.

"Mengacu kepada contoh baik tersebut, maka Pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: Puan Tegaskan Indikasi Kecurangan Seleksi CPNS Harus Diusut

Untuk mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi di Indonesia tersebut, lanjutnya, Pemerintah saat ini mengutamakan penerimaan aparatur sipil negara (ASN) hanya untuk formasi PPPK di 2022. Sedangkan formasi CPNS akan ditiadakan penerimaannya pada tahun 2022.

"Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, Pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini juga formasi untuk CPNS tidak tersedia,” tambahnya.

Pemerintah juga sedang menyusun berbagai kebijakan terkait penerimaan PPPK, sebagai payung hukum rekrutmen CASN Tahun 2022.

Baca Juga: Penipuan Calon PNS yang Melibatkan Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania Ternyata 'Nyatut' Nama Anies Baswedan

"Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun, sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2022 ini," tukasnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Akan Secepatnya Hapus PPKM

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:40 WIB

Selamat Jalan Prof. Fahmi Idris

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:50 WIB

KPK Ajak Masyarakat Bantu Cari Harun Masiku

Jumat, 20 Mei 2022 | 23:00 WIB

Diberhentikan IDI, Terawan Bergabung ke PDSI

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:30 WIB
X