• Kamis, 26 Mei 2022

Tembus Rp 63 Miliar, Penerimaan Pajak Hotel Kota Jogja Lampaui Target

- Minggu, 23 Januari 2022 | 20:15 WIB
Dokumentasi - Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon Kota Yogyakarta (24/11/21).  (ANTARA/Eka AR)
Dokumentasi - Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon Kota Yogyakarta (24/11/21). (ANTARA/Eka AR)


JOGJA, harianmerapi.com - Penerimaan dari sektor pajak hotel di Kota Jogja pada tahun pajak 2021 mampu melampaui target yang ditetapkan meski aktivitas pariwisata di kota tersebut sempat mengalami penurunan pada pertengahan tahun akibat pembatasan aktivitas sebagai dampak meningkatnya kasus Covid-19.

"Di luar dugaan, pajak hotel justru melebihi target yang ditetapkan," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jogja Wasesa, Minggu (23/1).

Pemerintah Kota Jogja menetapkan target penerimaan pajak hotel 2021 sebesar Rp 45 miliar, namun hingga akhir tahun mampu terealisasi sebesar Rp 63 miliar.

Baca Juga: Viral Tarif Parkir Rp 350 Ribu, Pemkot Yogya Tak Akan Gugat Pengunggah, Ini Alasannya

Menurut dia, aktivitas pariwisata yang kembali bergeliat menjelang akhir tahun menjadi faktor pendorong meningkatnya penerimaan pajak hotel di Kota Jogja.

"Penerimaan dari sektor pajak hotel ini sangat baik karena hotel masih menerapkan kapasitas maksimal 70 persen dari total kamar yang digunakan," katanya.

Pemerintah Kota Jogja, lanjut dia, tetap berupaya melakukan optimalisasi pada pajak hotel dan tiga jenis pajak lain yaitu hiburan, restoran, dan parkir dengan menerapkan e-tax.

Baca Juga: Sengkarut Tarif Parkir di Jogja, dari Nuthuk Hingga Mark-up

Di Kota Yogyakarta tercatat 420 pelaku usaha atau wajib pajak yang terhubung dengan sistem e-tax. BPKAD bisa memantau nilai transaksi dan nilai pajak yang harus disetorkan.

"Kami memanfaatkan sistem e-tax ini untuk memastikan nilai pajak yang disetorkan oleh pelaku usaha sesuai dengan nilai transaksi yang tercatat. Jadi ada pembandingnya," katanya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X