• Kamis, 26 Mei 2022

Warga Dukuh Randu Kutoharjo Pati Coblosan Pilih Penjaga Kubur, Pemenangnya Bertugas Seumur Hidup

- Minggu, 23 Januari 2022 | 17:15 WIB
Suasana pilgabur Desa Kutoharjo Pati.  (Foto: Alwi Alaydrus)
Suasana pilgabur Desa Kutoharjo Pati. (Foto: Alwi Alaydrus)

PATI, harianmerapi.com – Momentum menarik terjadi Desa Kutoharjo Kecamatan/Kabupaten Pati. Untuk memilih penjaga kubur (makam) Dukuh Randu, masyarakat setempat harus melakukan coblosan.

Pesta demokrasi ala Desa Kutoharjo tersebut digelar di halaman TPQ, Minggu (23/1/2022). Pemegang hak pilih atau pencoblos diberikan per Kepala Keluarga (KK).

"Pada Pemilihan Penjaga Kubur (pilgabur) ini, dari 567 KK disiapkan surat suara sebanyak 600 lembar. Serta dua bilik coblosan. Untuk pencetakan kertas suara sengaja dilebihkan, karena untuk persiapan kalau ada surat suara yang rusak" kata Kepala Desa Kutoharjo, H Hatono.

Baca Juga: Viral Tarif Parkir Rp 350 Ribu, Pemkot Yogya Tak Akan Gugat Pengunggah, Ini Alasannya

"Pilgabur karena untuk memenuhi saran dari warga" tambahnya.

Menurut Kamituwa Dukuh Randu, Grautomo Arifin, pilgabur diikuti calon Sadiyo, Pujiono, Sulasmono, Lasno. Pemenang pilgabur akan menggantikan tugas yang ditinggalkan Kusirin, karena meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Karena dalam pilgabur belum ada aturan yang mengikat (perdes), maka terhadap calon terpilih, nanti akan melaksanakan tugas dalam kurun waktu seumur hidup. Dan diberikan hak untuk menggarap tanah bengkok seluas 3.000 meter persegi. *

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X