Pasien Konfirmasi Omicron Bisa Isoman, Ini Syaratnya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 06:30 WIB
Syarat-syarat isoman pasien konfirmasi Omicron (laman covid19.go.id)
Syarat-syarat isoman pasien konfirmasi Omicron (laman covid19.go.id)

 

harianmerapi.com- Kasus konfirmasi varian Omicron di Indonesia terus bertambah, terbanyak di DKI Jakarta.

Namun, mereka yang terkonfirmasi positif tak harus dirawat di rumah sakit, melainkan bisa melakukan solasi mandiri (isoman) di rumah.

Untuk menjalani isoman, dibutuhkan persyaratan tertentu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lampu Mobil Menguning dan Kusam, Mudah Dilakukan di Rumah dan Biayanya Murah

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan ketentuan dalam SE Menkes Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

Dalam ketentuan ini, sebagaimana dimuat dalam laman covid-19.go.id yang dikutip harianmerapi.com Minggu (23/1/2022), pasien konfirmasi varian Omicron boleh melakukan isolasi mandiri (isoman) selama memenuhi syarat klinis dan syarat rumah dan pasien adalah tanpa gejala atau alami gejala ringan.

Beberapa syarat klinis yang perlu dipenuhi di antaranya adalah usia yang boleh melakukan isolasi mandiri adalah maksimal 45 tahun atau lebih muda, serta tidak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar.

Baca Juga: Khasiat Jamur Tiram Antara Lain Hindarkan Sakit Jantung, Menurunkan Berat Badan, Hipertensi dan Cegah Anemia

Sedangkan untuk syarat rumah di antaranya adalah memiliki kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah, kamar mandi dalam rumah yang terpisah dengan penghuni rumah lainnya, dan memiliki pulse oksimeter.

Jika tidak dapat memenuhi syarat klinis dan syarat rumah harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat, pada fasilitas publik yang dipersiapkan pemerintah/swasta dengan koordinasi Puskesmas / Dinkes.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Coffee Morning Bersama Komunitas Bandara YIA

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:03 WIB
X