• Sabtu, 28 Mei 2022

Pembangunan Tol Jogja-Bawen Dipastikan Tak Menggusur Kawasan Candi Borobudur

- Jumat, 21 Januari 2022 | 08:45 WIB
Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Magelang.  (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)
Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Magelang. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, harianmerapi.com - Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen dipastikan tidak mengenai kawasan objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, melainkan justru akan mendukung keberadaan satu dari tujuh keajaiban dunia ini.

"Jalan Tol Jogja-Bawen terutama di Kabupaten Magelang tidak mengenai Candi Borobudur," kata Endro Hudiyono selaku perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Jalan-Bawen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Kamis (20/1/2022).

Ia menyebut Jalan Tol Jogja-Bawen setelah selesai dibangun akan mendekatkan akses ke kawasan objek wisata Candi Borobudur, sehingga diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di daerah sekitar.

Baca Juga: Warga Nogosaren Tidak Bakal Terisolasi Gegara Exit Tol Kota Salatiga, Ini Kata Wakil Ketua DPRD

Candi Borobudur, ujar dia lagi, merupakan destinasi wisata super prioritas sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), sehingga jalan tol juga menjadi destinasi kawasan pariwisata di sekitar candi.

"Secara umum selain manfaat akses bagi mobilitas masyarakat, keberadaan tol untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan perekonomian bagi kabupaten penyangga di sekitar Kabupaten Magelang, seperti Kabupaten Semarang, Temanggung, Purworejo, Boyolali, Wonosobo, dan Kota Magelang," ujarnya.

Dengan demikian, secara bertahap jika Jalan Tol Jogja-Bawen sudah dapat dioperasikan, maka perekonomian di beberapa kabupaten penyangga itu juga bisa menerima manfaat dari pembangunan jalan tol.

Nantinya, kata Endro pula, di Kabupaten Magelang direncanakan ada dua tempat istirahat (rest area) Jalan Tol Jogja-Bawen yang bisa menjadi etalase promosi bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat untuk menampilkan produk lokal andalan. *

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X