• Sabtu, 21 Mei 2022

Lahir di Jogja, Dr Radjiman Wedyodiningrat Memilih Masa Tua di Ngawi, Rumahnya Masih Berdiri Kokoh

- Minggu, 16 Januari 2022 | 14:16 WIB
Rumah kediaman Dr Radjiman Wedyodiningrat masih kokoh berdiri di daerah Walikukun Kabupaten Ngawi Jawa Timur. (Foto: Wulan Yanuarwati )
Rumah kediaman Dr Radjiman Wedyodiningrat masih kokoh berdiri di daerah Walikukun Kabupaten Ngawi Jawa Timur. (Foto: Wulan Yanuarwati )

NGAWI, harianmerapi.com - Rumah kediaman salah satu pendiri Boedi Uetomo dan ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUKI), Dr Radjiman Wedyodiningrat masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Bangunan yang diperkirakan berusia kurang lebih 140 tahun masih kokoh berdiri di daerah Walikukun Kabupaten Ngawi Jawa Timur.

Meski lahir di Mlati Kabupaten Sleman DIY, Dr Radjiman Wedyodiningrat memilih untuk merenung dan menghabiskan masa tua di rumah yang dia beli dari seorang Belanda.

Baca Juga: Sejarah Kopi di Indonesia, Ditanam Belanda dari Malabar Ratusan Tahun Lalu dan Mendunia

Sebelumnya Dr Radjiman Wedyodiningrat memilih tinggal di Tretes Jawa Timur namun karena cuaca di sana yang menyebabkan penyakit rematiknya sering kambuh, dia memilih untuk pindah ke Ngawi.

Sadiman, juru kunci yang dipercaya oleh keluarga Dr Radjiman Wedyodiningrat mengatakan rumah tersebut awalnya milik orang Belanda bernama Nicholas Leonard Van Deuning.

Luas pekarangan sekitar 1,5 hektare yang terdiri dari rumah tinggal, gudang padi, garasi, dan tempat pejemuran padi.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Singkat Hari Lahir PGRI

Pada tahun 1936, bangunan dan lahan milik orang Belanda tersebut dibeli oleh Dr Radjiman dan mulai ditempati tahun 1938 hingga tahun 1952.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X