• Sabtu, 21 Mei 2022

Kakanwil Kemenag DIY Resmikan Masjid Al Amiin Santren, Jadikan Pusat Pendidikan dan Kegiatan Kemasyarakatan

- Minggu, 16 Januari 2022 | 12:31 WIB
 Kakanwil Kemenag DIY Dr. H. Hasmin Afif, M.Ag. menandatangani prasasti peresmian renovasi Masjid Al Amiin Santren. (Dok. Panitia)
Kakanwil Kemenag DIY Dr. H. Hasmin Afif, M.Ag. menandatangani prasasti peresmian renovasi Masjid Al Amiin Santren. (Dok. Panitia)

SLEMAN, harianmerapi.com - Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY Dr. H. Hasmin Afif, M.Ag. meresmikan penggunaan Masjid Al Amiin Santren, Caturtunggal, Depok, Sleman, yang sudah selesai proses renovasi, Minggu (16/1/2022).

"Masjidnya sudah bagus dan megah, maka menjadi kewajiban jamaah untuk memakmurkannya. Jangan hanya untuk kegiatan keagamaan, masjid juga harus jadi pusat pendidikan dan kegiatan kemasyarakatan," kata Hasmin Afif dalam sambutannya sebelum menandatangani prasasti peresmian.

Lurah Caturtunggal Agus Santoso SPsi dalam sambutannya mengaku bangga warga Santren mampu membangun semegah Masjid Al Amiin.

Baca Juga: Amalan-amalan Pembuka Pintu Rezeki, Salah Satunya Menjalin Silaturahim

"Namun jangan lupa untuk merawat dan memakmurkannya. Jangan sampai hanya ramai saat peresmian dan bulan Ramadhan saja," kata Agus yang dalam kesempatan itu langsung menyerahkan sumbangan untuk takmir masjid.

Sebelumnya Ketua Takmir Al Amiin, Prof Dr dr H Hardiyanto Subono SPKK melaporkan bahwa renovasi pembangunan menghabiskan dana Rp 1 miliar lebih, yang berasal dari swadaya masyarakat Santren, bantuan kelurahan, bantuan Bupati Sleman, donatur dan lainnya.

Peletakan batu pertama pembangunan sendiri dilakukan Bupati Sleman kala itu Drs H Sri Purnomo MSi pada Minggu 12 Januari 2020. Proses pembangunan kemudian menghadapi tantangan berat dengan adanya pandemi Covid-19. Padahal modal awal saat itu baru terkumpul dana kisaran Rp 300 juta.

Masjid Al Amiin sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak 1980-an di atas tanah wakaf almarhum Harjo Sumarto yang saat itu menjadi rois. Kemudian pada 2000-an ada renovasi untuk membetulkan bagian atap, karena sering ada yang bocor saat musim penghujan.

Baca Juga: Cerita Hidayah, Lalai dalam Hal Waktu Maka Rezeki yang Sudah di Depan Mata pun Menjauh

Sedang renovasi kali ini adalah bangunan total dengan ketua pantia Drs Jono Atmojo. Sekarang bangunan menjadi lantai dua menempati lahan 117 meterpersegi.

Ada empat wudhu, kamar mandi serta toilet yang terpisah oleh jalan gang dan dihubungkan dengan tangga di atas jalan. Sebagai perencana bangunan adalah Ir H Hennry Poerwanto B MM MKOM.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X