• Rabu, 19 Januari 2022

Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal VI Gelar Tabur Bunga di Perairan Makassar

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:15 WIB
Suasana kegiatan tabur bunga yang dipimpin Danlamal VI Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP di perairan Makassar, Sabtu (15/1/2022).  (ANTARA/HO-Lantamal VI)
Suasana kegiatan tabur bunga yang dipimpin Danlamal VI Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP di perairan Makassar, Sabtu (15/1/2022). (ANTARA/HO-Lantamal VI)

MAKASSAR, harianmerapi.com - Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari. Peringatan itu untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962.

Ketika itu Tentara Indonesia melawan Belanda untuk pembebasan Papua. Selain itu, juga untuk memperingati peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut yang ditunjukkan para pelaut di bawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

Pada tahu ini, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI Makassar) menggelar prosesi upacara tabur bunga di laut memperingati Hari Dharma Samudera, Sabtu 15 Januari 2022.

Baca Juga: Ki Tambang Yudha Cikal Bakal Kampung Nambangan 3: Menikahi Gadis Desa Gemi dan Hidup Bahagia di Nambangan

Tabur bunga dan pelarungan bunga dipimpin oleh inspektur upacara (Irup) Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP di perairan Makassar.

Upacara berlangsung dengan khidmat di atas kapal perang KRI Badau-841, upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera tahun 2022 di laut diawali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para Pahlawan.

Danlantamal VI mengatakan, kegiatan tabur bunga tersebut sebagai simbol penghargaan para pejuang pendahulu yang sudah gugur dalam tugas.

"Kita memberikan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan dalam mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," katanya.

Baca Juga: Rekam Jejak Hadfana Firdaus, Pria Tendang Sesajen Gunung Semeru: Kuliah di UIN Jogja, DO karena Tak Bayar

Dia mengatakan, upacara secara sederhana tapi penuh khidmat ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19 dan tetap dengan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X