• Rabu, 19 Januari 2022

Waspada Penyebaran Omicron, TKA dan TKI Diimbau Tunda Mudik Jelang Libur Imlek

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi COVID-19  ((Pixabay))
Ilustrasi COVID-19 ((Pixabay))

SUKOHARJO,harianmerapi.com- Mobilitas tenaga kerja asing (TKA) dan pekerja migran Indonesia (PMI) yang melakukan perjalanan dari luar negeri masuk ke Kabupaten Sukoharjo diawasi ketat.

TKA yang sudah bekerja di Sukoharjo juga diminta tidak pulang ke negara asal menjelang libur perayaan Imlek. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo Agustinus Setiyono, Sabtu (15/1) mengatakan, Disperinaker Sukoharjo sudah mengimbau kepada semua TKA yang sekarang masih bekerja di wilayah Kabupaten Sukoharjo untuk tidak pulang ke negara asal atau kampung halamannya baik untuk posisi saat ini maupun menghadapi libur perayaan Imlek. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona varian omicron.

Baca Juga: Anugerah dan Bencana Kala Omicron Mendunia

Disperinaker Sukoharjo melakukan antisipasi sejak dini dengan berkoordinasi tempat bekerja TKA di Kabupaten Sukoharjo.

Hal ini sejalan dengan imbauan pemerintah pusat. Sebab di Indonesia sudah ditemukan kasus penyebaran virus Corona varian Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri.

Disperinaker Sukoharjo mencatat ada 50 orang TKA yang secara resmi terdata hingga akhir tahun 2021 lalu bekerja dibeberapa perusahaan di Kabupaten Sukoharjo.

Angka tersebut relatif kecil. TKA tersebut berasal dari India, Tiongkok dan Korea Selatan. Mereka bekerja di industri besar yang membutuhkan tenaga ahli dari TKA.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Skenario Hadapi Lonjakan Omicron, Luhut Minta Masukan Pakar

"TKA ini terdaftar resmi bekerja di Sukoharjo. Mobilitas mereka keluar atau pergi antar negara pada kondisi sekarang memang menurun. Tapi melihat perkembangan kasus penyebaran virus Corona ada varian baru Omicron maka kami imbau TKA tidak pulang ke negara asal dulu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X