• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemda DIY Gelar Kick Off 5.000 Vaksin Booster Hari Ini, Prioritas Lansia dan Tenaga Pendidikan

- Kamis, 13 Januari 2022 | 14:02 WIB
Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X melakukan pantauan kick off vaksin booster lansia di JEC, Kamis (13/01/2022). (Foto: Wulan Yanuarwati)
Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X melakukan pantauan kick off vaksin booster lansia di JEC, Kamis (13/01/2022). (Foto: Wulan Yanuarwati)

JOGJA, harianmerapi.com - Pemerintah Daerah atau Pemda DIY melaksanakan kick off vaksin dosis ketiga atau vaksin booster, Kamis (13/1/2022) di Jogja Expo Center (JEC). Pemda DIY menyediakan 5.000 dosis vaksin Astrazaneca dan Pfizer untuk kick off vaksin booster kali ini.

Setiap penerima vaksin booster mendapatkan dosis setengah dosis vaksin atau 0,25 ml.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksin booster diperuntukkan bagi lansia, tenga pendidikan dan sebagian ASN yang sebelumnya mendapatkan vaksin primer Sinovac.

"Hari ini memang kita prioritaskan yang primer (vaksin sebelumnya) sinovac karena kita mengejar habisnya astrazaneca atau pfizer," ujarnya.

Baca Juga: Pelatih Arema FC Puji PSS Sleman Jelang Pertandingan, Eduardo Almeida: Tak Ada Revans

Pembajun mengatakan untuk penerima vaksin primer AstraZeneca akan mendapatkan booster minggu depan. Mereka akan mendapatkan vaksin Moderna sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan (kemenkes).

Sementara itu, Dinkes DIY mentargetkan vaksin booster bagi bagi lanjut usia dapat diselesaikan akhir Januari 2022. Setidaknya ada sekitar 472.800 lansia di DIY yang akan mendapatkan vaksin booster.

"Kalau untuk lansia kan, capaian vaksin pertama dan kedua kemarin sudah mencapai 82,2 persen, maka di samping booster, kita juga mengejar yang belum divaksin," jelasnya.

Baca Juga: Terlilit Utang Rp 5 Juta, Buruh Gadaikan Motor NMax Sewaan: Penghasilan Saya Tak Cukup untuk Lunasi Pinjaman

Di sisi lain, Ketua Satgas Covid-19 DIY sekaligus Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X mengatakan sebelum kick off vaksin booster, dia sudah mendapatkan bersama dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu.

"Saya sudah (vaksin booster) sebelum kick off bersama Ngarso Dalem," ujarnya.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X