• Jumat, 27 Mei 2022

Gadis Remaja Ini Hidup Mandiri Usai Kedua Orangtuanya Lumpuh: Daftar Pasang Listrik Subsidi Gagal

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:19 WIB
Kondisi bagian dalam rumah Aulia di Salatiga yang masih berlantai tanah.  (Foto: dokumentasi pribadi)
Kondisi bagian dalam rumah Aulia di Salatiga yang masih berlantai tanah. (Foto: dokumentasi pribadi)

SALATIGA, harianmerapi.com - Harapan Aulia Restu Septia Ramadani (15) warga Dusun Belon, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Salatiga mendaftar pasang listrik 450 bersubsidi gagal. Sebab, untuk bisa mendapatkan sambungan aliran listrik, nama kedua oranguanya harus terdaftar sebagai warga kurang mampu di PLN, meski kenyataannya mereka juga keluarga kurang mampu.

Gadis tangguh yang masih duduk di kelas 3 SMA Negeri 2 Salatiga ini, akhirnya pasrah dan tetap menyambung listrik nebeng di tetangganya.

Kedua orangtuanya, Mugimin (66) dan Tumini, (46) adalah warga tidak mampu dan keduanya sudah setahun ini hanya tergolek di tempat tidur. Ibunya stroke sehingga semua aktivitasnya di kasur. Ayahnya juga separuh badannya lumpuh. Keduanya dirawat Aulia, siswi SMA 2 Salatiga.

Baca Juga: Puluhan Seniman di Semarang Gelar Konser Musik di Pasar, Ternyata Ini Tujuannya

"Ya sudah tidak apa apa. Memang harus lebih sabar," ujar Aulia polos saat diberitahu jika belum bisa memasang meter listrik sendiri. Namun demikian, keluarga Aulia terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah Kota Salatiga.

"Iya, mereka adalah penerima bantuan dan terdata di tingkat kota,” kata Lurah Kumpulrejo, Eska Bayu kepada wartawan.

Sementara itu, petugas pelayanan di PLN Salatiga saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya hanya berdasar kepada data yang ada.

Baca Juga: Masyarakat Kulon Progo Pilih Hidup Sederhana dan Dilabeli Miskin

"Mohon maaf, NIK tidak terdaftar di program kami. Sehingga hanya bisa dilayani dengan biaya pemasangan listrik non subsidi," tutur petugas PLN Salatiga.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X