• Jumat, 27 Mei 2022

Vaksin Booster Hanya Penunjang, Kadinkes Boyolali Minta Warga Tak Buru-buru, Puji Astuti : Intinya Sabar

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:30 WIB
Kepala DKK Kabupaten Boyolali, dr Puji Astuti.  (Foto: Dokumentasi Kominfo Boyolali)
Kepala DKK Kabupaten Boyolali, dr Puji Astuti. (Foto: Dokumentasi Kominfo Boyolali)

BOYOLALI, harianmerapi.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Sikap ini untuk menunggu vaksin booster dari pemerintah.

Demikian dikatakan Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali Puji Astuti saat ditemui usai acara di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali, seperti dikutip harianmerapi.com dari rilis Kantor Kominfo Kabupaten Boyolali, Rabu (12/2/2022).

Puji Astuti menjelaskan, sesuai petunjuk dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, vaksinasi anak harus diselesaikan terlebih dahulu karena untuk mengejar herd immunity (kekebalan kelompok). Karena booster hanya merupakan penunjang, dan akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Pencuri Spesialis Kos Ditangkap: Sehari Bisa Lebih 1 Lokasi, Merantau ke Jogja untuk Mencuri HP Hingga Laptop

“Tidak usah terlalu terburu-buru, karena kita harus melihat juga yang diberikan booster itu adalah yang rentan.” ujarnya.

Kelompok yang termasuk rentan adalah lanjut usia (lansia) dan orang yang mempunyai kelemahan. Sementara itu, untuk persediaan vaksin booster, di Boyolali belum ada dan masih menunggu instruksi.

“Kalau sudah ada perintah dari provinsi agar ambil vaksin, ya kita ambil vaksin. Selanjutnya akan dilakukan pemetaan. Intinya sabar,” ungkapnya.

Baca Juga: Gus Ipul Ditunjuk Jadi Sekjen PBNU, Nusron Wahid Waketum, Berikut Susunan Lengkap PBNU Masa Khidmat 2022-2027

Data capaian vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Boyolali dosis pertama berdasarkan KTP sudah 98 persen.

Kemudian dosis kedua berdasarkan KTP di atas 80 persen. Sedangkan untuk lansia sudah di atas 78 persen.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X