• Senin, 26 September 2022

Pasca DO Mahasiswa Terduga Pelaku, FAM UMY Desak Kasus Pemerkosaan Diproses Hukum

- Selasa, 11 Januari 2022 | 17:45 WIB
Advokat FAM UMY desak kasus pemerkosaan yang melibatkan pelaku dan korban mahasiswa UMY diproses secara hukum  (Foto: Dok FAM UMY)
Advokat FAM UMY desak kasus pemerkosaan yang melibatkan pelaku dan korban mahasiswa UMY diproses secara hukum (Foto: Dok FAM UMY)

BANTUL, harianmerapi.com - Forum Advokat Muda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAM UMY) mendorong agar kasus dugaan pemerkosaan 3 mahasiswi UMY diselesaikan secara hukum dengan tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Untuk itu kami mendorong biarlah proses hukum yang membuktikan pihak mana yang bersalah dalam kasus ini," ujar Nazarullah Herzaputra SH, Koordinator FAM UMY dalam keterangannya, Selasa (11/1/2022).

Selain itu FAM UMY juga menolak dengan tegas segala bentuk intervensi dalam bentuk apapun dan oleh pihak manapun terhadap penyelesaian kasus ini. Sehingga kasus tersebut dapat segera diselesaikan melalui jalur hukum.

Baca Juga: Presiden Jokowi Umumkan Vaksin Booster Dosis Ketiga Gratis bagi Seluruh Rakyat Indonesia

"Apa yang kami sampaikan ini semoga menjadi pertimbangan demi tegaknya hukum dan kebaikan bagi semua," imbuh Ajay, panggilan Nazarullah Herzaputra menegaskan.

Seperti diketahui, belakangan ini terjadi kasus pemerkosaan yang sempat viral di media sosial melibatkan civitas akademis dari UMY baik pelaku maupun korban.

Sebagai bentuk solidaritas terhadap almamater dan keluarga alumni maka FAM UMY yang merupakan paguyuban dari advokat-advokat muda atau paralegal dari almamater Fakultas Hukum UMY mempunyai tanggung jawab secara moral terhadap permasalahan tersebut.

Baca Juga: Cerita Horor Mencari Nomor Togel di Makam Mbah Pare Anom Gunung Pare Diadang Dua Macan Putih

Sebelumnya pihak UMY pada Kamis 6 Januari 2022 telah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan (DO) terhadap mahasiswa diduga pelaku pemerkosaan dengan tidak hormat.

Pemberhentian dilakukan karena pelaku diduga melanggar Pasal 8 Peraturan Rektor UMY Nomor 017/PR-UMY/XI/2021 tentang Disiplin dan Etika Mahasiswa UMY.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X