• Sabtu, 21 Mei 2022

Bantuan Pendopo Mangkrak, Warga Berharap Dilibatkan Pengelolaan Wisata Tahura Banyuurip

- Senin, 10 Januari 2022 | 18:08 WIB
Pendapa limasan di lokasi pembangunan rencana wisata Tahura di Banyuurip Jatimulyo Dlingo terlihat mangkrak ( Foto: Yusron Mustaqim)
Pendapa limasan di lokasi pembangunan rencana wisata Tahura di Banyuurip Jatimulyo Dlingo terlihat mangkrak ( Foto: Yusron Mustaqim)

 

BANTUL, harianmerapi.com -Warga masyarakat berharap obyek wisata taman hutan raya (Tahura) di Dusun Banyuurip Kalurahah Jatimulyo Kapanewon Dlingo Bantul dapat dihidupkan.

Pasalnya sejak adanya bantuan hibah pembangunan pendopo dan fasilitas MCK senilai Rp 200 juta dari APBD Provinsi DIY pada tahun 2018 mangkrak dan tidak difungsikan.

"Pencanangan Pariwisata Tahura di Banyuurip sejak tahun 2018 sampai sekarang ini belum jelas. Sampai saat ini proses pembangunannya berhenti," ujar Tugiyanto, salah satu warga RT 02 Banyuurip kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Babad Tanah Jawi: Berziarah ke Makan Ki Gabukan di Gunung Mandhen Temanggung, Harus dengan Hati yang Bersih

Menurutnya, selama ini warga tidak pernah dilibatkan dalam pembangunan obyek wisata di lahan di sekitar bantaran Kali Oya tersebut.

Sementara Sarmanto, warga Banyuurip lainnya menambahkannya, sebelumnya wilayah obyek wisata tersebut dikelola Kelompok Tani Hutan (KTH) Ngudi Makmur.

Namun sejak pencanangan wisata Tahura tersebut para anggota KTH tidak diberikan kegiatan apapun.

Bahkan yang disayangkan, sejak sebulan lalu berdiri KTH baru sebagai pengelola rencana calon wisata Tahura.

Baca Juga: Seorang Pria Tendang dan Buang Sesaji di Gunung Semeru, MUI: Silakan Dicari

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X