• Kamis, 26 Mei 2022

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Nataru, Pemkab Gunungkidul Siapkan Tempat Karantina di Tiap Kecamatan

- Jumat, 24 Desember 2021 | 12:48 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty.  (ANTARA/Sutarmi)
Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)



GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com- Guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru, Pemkab Gunungkidul menyiagakan tempat karantina di 18 kecamatan.


Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunungkidul, Jumat (24/12/2021).


Ia mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Gunungkidul, setiap kecamatan diminta menyiapkan dan menyiagakan tempat karantina Covid-19 .

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat, Benarkah Bikin Gendut dan Tingkatkan Kolesterol, Simak Penjelasan Prof Zubairi Djoerban

"Berdasarkan instruksi satgas penanganan Covid-19 kabupaten agar seluruh tempat karantina di tiap kecamatan disiapkan dan disiagakan," kata Dewi.

Ia mengatakan instruksi ini diberikan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru 2022. Seluruh fasilitas kesehatan dalam kondisi siap jika nantinya ditemukan kasus baru selama Natal dan tahun baru. Secara bersamaan, pihaknya juga terus mengejar capaian vaksinasi.

Ia menilai semakin banyak yang disuntik vaksin, maka potensi penyebaran kasus juga akan berkurang. Seperti saat ini di mana dinamika Covid-19 di Gunung Kidul kembali melandai. Saat ini tersisa dua kasus aktif yang masih dalam perawatan dan isolasi mandiri.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kirim Surpres RUU Perubahan ITE ke DPR, Ini Penjelasan Moh Mahfud MD

"Hampir satu minggu terakhir, tidak ada tambahan harian Covid-198. Melandainya kasus COVID-19 di Gunung Kidul pengaruh dari program vaksinasi," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta juga menyatakan seluruh tempat karantina siap digunakan, termasuk fasilitas kesehatan. Penanganannya sendiri diserahkan sepenuhnya pada dinkes, berkoordinasi dengan pihak terkait.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X