• Selasa, 9 Agustus 2022

Omicron Masuk Indonesia, Ini Kronolgi Awal Munculnya Omicron: WHO Sebut Lebih Pintar Menyerang Kekebalan Tubuh

- Kamis, 16 Desember 2021 | 12:36 WIB
Tangkapan layar Menkes RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis (16/12/2021). (ANTARA/Andi Firdaus)
Tangkapan layar Menkes RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis (16/12/2021). (ANTARA/Andi Firdaus)


JAKARTA,harianmerapi.com- Varian baru Covid-19, omicron masuk Indonesia. Hal ini dipastikan oleh Menteri Kesehatan (Kemenkes) Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan Coviud-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Meski terbilang varian baru, namun ternyata pencegahan Omicron sama dengan varian lain, yakni prokes dan vaksin lengkap.

Dilihat dari akun instagram @alodokter pada Kamis (16/12/2021), Omicron ditemukan pada 24 November 2021 lalu di wilayah Afrika Selatan. Saat itu WHO menemukan Covid-19 varian baru B.1.1.529.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Menkes: Jangan ke Luar Negeri Kalau Tak Penting

"Karena jumlah mutasinya yang tinggi, varian ini dinilai lebih pintar menyerang kekebalan tubuh sehingga tergolong varian yang dikhawatirkan WHO," ujar postingan di alodokter.

Disebutkan meski begitu, tingkat keparahan infeksi varian ini serta resistensi terhadap kondisi vaksin masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ditambahkan untuk mencegahnya, tetap lengkapi dosis vaksinasi Covid-19, sebagai dasar perlindungan diri terhadap infeksi virus, serta untuk mewujudkan tercipatnya herd immunity di lingkungan kita.

Baca Juga: Prof Zubairi Djoerban: Kasus Baru Omicron di Afsel Tinggi Tapi Kematian Rendah, Ini Sebabnya

Diketahui jika kasus pertama Omicron diketahui menjangkit seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

Menkes pun mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dengan temuan Omicron di Indonesia. Selain itu Budi juga meminta masyarakat taat pada protokol kesehatan, khususnya memakai masker dan menjaga jarak. "Jangan ke luar negeri kalau tidak ada urusan yang penting," katanya.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASEAN Para Games 2022 ditutup Presiden Jokowi

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:15 WIB
X