• Jumat, 27 Mei 2022

Wapres Instruksikan Pendekatan Humanis dan Dialogis untuk Masalah Keamanan di Papua

- Rabu, 15 Desember 2021 | 19:55 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers usai memimpin rapat terbatas tentang Papua, di Istana Wapres Jakarta, Rabu (15/12/2021).  (ANTARA/HO-Setwapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers usai memimpin rapat terbatas tentang Papua, di Istana Wapres Jakarta, Rabu (15/12/2021). (ANTARA/HO-Setwapres)

JAKARTA, harianmerapi.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginstruksikan pendekatan baru terhadap sektor keamanan di Papua dan Papua Barat.

"Seperti Saudara-saudara tahu, bahwa kita sekarang melakukan upaya-upaya tetap pada fokusnya kesejahteraan, dengan adanya pendekatan baru di bidang keamanan," kata Wapres saat memimpin rapat, di Istana Wapres Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Pendekatan baru tersebut, kata Wapres, lebih menekankan kepada strategi penggunaan teritorial melalui pendekatan bersifat humanis dan dialogis.

"Pendekatannya lebih humanis dan dialogis dengan masyarakat, terutama dengan tokoh-tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh perempuan dan pemuda," ujarnya.

Baca Juga: Kartu Prakerja Akan Ditutup Malam ini, Tunggu Gelombang Berikutnya Tahun Depan

Dalam rapat tersebut, Wapres menjabarkan masukan dari Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letjen TNI Dudung Abdurachman.

"Inti pendekatan baru tersebut antara lain aparat keamanan TNI tidak berperang menumpas KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata), tetapi merangkul KKB sebagai bagian dari bangsa ini," kata Wapres.

Menurut Wapres selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua, program pembangunan tidak akan berjalan apabila kondisi keamanan kurang kondusif.

Baca Juga: Kasus Narkoba Artis Rizky Nazar, Polisi Terus Buru Pemasok Ganja Bernama Ipang

Oleh karena itu, Wapres berharap pendekatan baru terhadap kondisi keamanan tersebut dapat menjadikan Tanah Papua lebih aman.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Hadiri GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:30 WIB

Pemerintah Akan Secepatnya Hapus PPKM

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:40 WIB

Selamat Jalan Prof. Fahmi Idris

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:50 WIB
X