• Jumat, 12 Agustus 2022

Sayangkan Sikap Pemkab Kulon Progo, Angkasa Pura Pastikan Bayar PBB YIA Tepat Waktu

- Jumat, 3 Desember 2021 | 19:15 WIB
Agus Pandu Purnama memberikan keterangan kepada wartawan Terkait PBB YIA. (Foto: Amin Kuntari)
Agus Pandu Purnama memberikan keterangan kepada wartawan Terkait PBB YIA. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - PT Angkasa Pura I menyayangkan sikap Pemkab Kulon Progo yang menolak permohonan keringanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Yogyakarta International Airport (YIA). Kendati demikian, perusahaan plat merah itu berjanji akan membayar PBB tepat waktu.

General Manajer YIA, Agus Pandu Purnama menegaskan, PT Angkasa Pura I tidak menunggak pembayaran PBB mengingat batas akhir waktunya masih pada 8 Desember 2021. Selama ini, BUMN tersebut juga tidak pernah terlambat membayar pajak kepada pemerintah.

"Pasti dong (akan bayar PBB sebelum jatuh tempo). Kalau kita nggak bisa di luar dari itu. Pada 2019 dan 2020 juga kami nggak telat," kata Pandu kepada awak media di Kantor PT Angkasa Pura I, Kompleks YIA, Temon, Kulon Progo, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Tak Sempat Banyak Cerita di Sidang Perdana, Laura Anna: Saya Bukan Mengemis Kasihan

Terkait pengajuan keringanan PBB YIA yang disampaikan PT Angkasa Pura I namun ditolak Pemkab Kulon Progo, Pandu akan mendiskusikannya dengan pusat serta menjadikannya bahan rapat direksi.

Sebab menurutnya, hanya YIA bandara yang tidak mendapatkan keringanan PBB di saat PT Angkasa Pura I dalam kondisi merugi akibat pandemi Covid-19. Dicontohkannya, bandara Adisutjipto Yogyakarta, Adi Soemarmo Solo dan I Gusti Ngurah Rai Bali telah mendapatkan keringanan PBB dari pemerintah setempat.

"Bali aja yang seperti itu bandaranya, bayar PBB cuma Rp 25 miliar. Kita Rp 28 miliar," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Laura Anna, Selebgram yang Tuntut Keadilan Karena Lumpuh Setelah Kecelakaan

Pandu mengakui, PT Angkasa Pura I saat ini sedang dalam kondisi yang tidak baik. Sejak dibangun dan beroperasi pada 29 Maret 2020 YIA dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. Karenanya, target penumpang YIA sebanyak 10 juta per tahun hanya mampu terealisasi 980.000 atau sekitar 10 persen pada 2020.

Otomatis, PT Angkasa Pura I selaku pengelola harus menanggung kerugian yang sangat besar. Kondisi ini bahkan masih terus berlangsung sampai tahun ini.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kulon Progo serahkan santunan anak yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:50 WIB

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X