• Minggu, 23 Januari 2022

Inilah Cara Mencegah Penularan Omicron Berdasar Rekomendasi WHO

- Selasa, 30 November 2021 | 14:57 WIB
lustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang.  (ANTARA/Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters)
lustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang. (ANTARA/Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Covid-19 varian baru Omicron kini sedang menjadi perhatian serius dunia, termasuk Indonesia, mengingat penularannya yang jauh lebih cepat ketimbang varian lain.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi sejumlah rekomendasi kepada individu dan negara guna mencegah penularan varian Omricon, yang menyebar di sejumlah negara baru-baru ini.

Dikutip dari laman resminya, Selasa (30/11/2021), WHO mengatakan disiplin protokol kesehatan adalah langkah mudah namun efektif guna mencegah penularan varian terbaru virus ini.

Baca Juga: Pembunuh Gadis Muda yang Mayatnya Dibuang di Jalan Kaliurang Ditangkap, Korban Diperkosa Sebelum Dihabisi

"Langkah paling efektif yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 adalah dengan menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain; memakai masker yang pas; buka jendela untuk meningkatkan ventilasi; hindari ruang yang berventilasi buruk atau ramai; menjaga tangan tetap bersih; batuk atau bersin ke siku atau tisu yang tertekuk; dan vaksinasi," jelas WHO.

Sementara itu, karena Omicron telah ditetapkan sebagai Variant of Concern, ada beberapa tindakan yang direkomendasikan WHO untuk dilakukan oleh negara-negara.

 

Pertama, meningkatkan pengawasan dan pengurutan kasus; berbagi urutan genom pada database yang tersedia untuk umum, seperti GISAID; dan melaporkan kasus atau klaster awal ke WHO.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X