• Selasa, 25 Januari 2022

Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Re-opening Destinasi Wisata Embung Batara Sriten, Gunungkidul

- Minggu, 28 November 2021 | 13:40 WIB
Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Gulayat Jati meriahkan re-opening Embung Batara Sriten (Dok. Dinas Pariwisata DIY)
Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Gulayat Jati meriahkan re-opening Embung Batara Sriten (Dok. Dinas Pariwisata DIY)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Dalam rangka re-opening destinasi wisata Embung Batara Sriten di Gunungkidul, Dinas Pariwisata DIY bersama pengelola wisata embung Batara Sriten menggelar Atraksi Wisata Budaya Pagelaran Wayang Kulit pada Jumat (26/11/2021).

Pagelaran wayang kulit tersebut dilaksanakan di joglo Embung Batara Sriten, Pilangrejo Nglipar Gunungkidul mulai pukul 20.00 WIB dan disiarkan melalui livestreaming Visiting Jogja milik Dinas Pariwisata DIY.

Pagelaran Wayang Kulit yang menghadirkan dalang kondang Ki Sumarno Purbocarito mengambil lakon Wahyu Gulayat Jati. Dengan durasi kurang lebih 6 jam, acara tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Horor Tinggal di Rumah Tua Zaman Belanda, Ada Sosok yang Masak Air di Dapur

Meskipun suasana malam dingin dan berkabut di embung Batara Sriten (dengan ketinggian 859 mdpl) namun para pengrawit serta seniman tetap antusias menyuguhkan atraksi wisata budaya kepada masyarakat.

Ridwan Zamroni selaku panitia acara menjelaskan, penyelenggaraan atraksi wisata budaya pagelaran wayang kulit adalah untuk re-opening wisata Embung Batara Sriten yang sebelumnya ditutup karena kondisi pandemi virus Covid-19.

Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DIY menggunakan dana keistimewaan, Ridwan menuturkan pagelaran wayang kulit juga merupakan bentuk pelestarian warisan budaya yang harus dijaga dan dipertahankan.

Baca Juga: Selain Anya Geraldine, Ini Daftar Aktris Wanita yang Disandingkan dengan Reza Rahadian

“Atraksi wisata budaya pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Sumarno Purbocarito adalah dalam rangka membuka kembali destinasi wisata Embung Batara Sriten yang sudah beberapa waktu lalu ditutup. Dengan dibukanya kembali wisata embung maka ekonomi masyarakat sekitar kawasan destinasi akan pulih kembali,” terang Ridwan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H.,M.Ed berharap kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan kembali wisata di kawasan embung dengan tidak meninggalkan budaya setempat.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X