• Selasa, 30 November 2021

Dekopinda Kabupaten Semarang Cari Solusi Selamatkan Koperasi dan UMKM di Masa Pandemi

- Jumat, 26 November 2021 | 08:54 WIB
Evaluasi kebijakan terhadap koperasi dan UMKM di Kabupaten Semarang.  (Foto: Dokumentasi Dekopinda Kab Semarang)
Evaluasi kebijakan terhadap koperasi dan UMKM di Kabupaten Semarang. (Foto: Dokumentasi Dekopinda Kab Semarang)

SEMARANG, harianmerapi.com - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Semarang dan Bagian Perekonomian Pemkab Semarang mencari solusi menyelamatkan Koperasi dan UMKM, Kamis (25/11/2021).

Langkah ini dilakukan karena selama hampir dua tahun pandemi Covid-19 beberapa koperasi dan UMKM di wilayah Kabupaten Semarang mulai limbung dan beberapa koperasi kolaps.

“Di masa pandemi Covid-19 ini beberapa koperasi dan UMKM di wilayah kami mulai limbung, bahkan ada yang kolaps,” ungkap Ketua Dekopinda Kabupaten Semarang, Samsul Ridwan kepada harianmerapi.com, Kamis (25/11/2021) malam.

Baca Juga: AHY Dicurhati Seorang Emak-emak, Meminta Anaknya Bisa Bekerja di Partai Demokrat

Ia menambahkan, khusus koperasi ketika mengalami kondisi limbung, maka selama ini hanya mengadu dan ‘curhat’ kepada anggotanya saja tidak ada kran solusi.

Terkait kondisi ini, maka Dekopinda dan Bagian Perekonomian Kabupaten Semarang melakukan evaluasi bersama Komisi A dan Komisi B DPRD.

Kemudian Dinas Kumperindag, bagian Hukum, para pelaku UMKM dan para pengurus koperasi, melakukan upaya akselerasi dan penyesuaian Perda Nomor 7 Tahun 2014 tentang pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Heboh Anak Jual Perabot Ibu Demi Pacar, Tak Patut Bila Sampai Pengadilan

Selanjutnya juga evaluasi terhadap Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan perkoperasian dengan PP Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X