• Sabtu, 29 Januari 2022

Tim SAR Banten Evakuasi Kapal Sumber Cahaya yang Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

- Rabu, 24 November 2021 | 19:40 WIB
Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto. ( ANTARA/Dokumentasi Pribadi)
Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto. ( ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

SERANG, harianmerapi.com - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banten mengevakuasi Kapal Sumber Cahaya yang tenggelam di sekitar Perairan Kepulauan Seribu.

"Kami mengevakuasi kapal tenggelam itu berjalan lancar," kata Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto dalam keterangan yang diterima di Serang, Rabu (24/11/2021).

Kantor SAR Banten mengetahui adanya kecelakaan laut itu ketika menerima informasi dari Basarnas Command Center mengenai sinyal peringatan bahaya (distress alert) di Perairan Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Geramnya Ibu di Bantul Ngotot Lapor Polisi Akibat Ulah Anak yang Keterlaluan, Sang Anak pun Ngaku Khilaf

Setelah dikonfirmasi, sinyal tersebut dipancarkan dari Kapal Sumber Cahaya dengan berjenis kargo berukuran 40 M dengan POB (person on board) 15 orang ini berlayar dari Natuna menuju Merak. Kapal ini tenggelam akibat kebocoran.

Kebocoran kapal itu karena cuaca ekstrem yang melanda wilayah Laut Jawa, tepatnya di wilayah Kepulauan Seribu, Selasa (23 /11). Selanjutnya dievakuasi oleh Kapal NMS Accelerate, lalu dibawa ke petroleum excelsior (tempat pengeboran minyak).

Baca Juga: Mahasiswa di Bantul Bongkar Atap dan Jual Genteng Rumah Ibunya demi Foya-foya, Termasuk Main Perempuan

Kantor SAR Banten memberangkatkan 1 unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi pada kru Kapal Sumber Cahaya dengan 15 orang penumpang pada pukul 09.53 WIB.

KN SAR Tetuka dengan POB delapan orang (nakhoda, Kasubsie Operasi dan Siaga KPP Banten, dan enam ABK) tiba di LKP pada pukul 12.24 WIB langsung mengevakuasi kru dari petroleum excelsior ke Dermaga Pantai Mutiara Jakarta dan tiba pukul 16.39 WIB dalam keadaan selamat.*

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadai DBD, Seorang Anak di Surabaya Meninggal

Rabu, 26 Januari 2022 | 11:19 WIB
X