• Senin, 17 Januari 2022

Pejabat Disdikpora Kulon Progo Terseret Kasus Korupsi Pembangunan GOR Cangkring

- Selasa, 23 November 2021 | 18:25 WIB
GOR Cangkring, Wates Kulon Progo  (Foto: Amin Kuntari)
GOR Cangkring, Wates Kulon Progo (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Proyek pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Cangkring, Wates, Kulon Progo, menuai persoalan. Oknum pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo, RS, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pada perencanaan dan pembangunan proyek tersebut.

Penetapan status tersangka terhadap RS sudah dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulon Progo sejak 22 Oktober 2021. Selain RS, Kejari juga menetapkan status tersangka terhadap AN selalu penyedia jasa konsultasi.

"Tersangkanya ada dua yakni RS selaku pemilik pekerjaan dan AN sebagai penyedia jasa konsultasi,” kata Kepala Kejari Kulon Progo, Kristanti Yuni Purnawanti, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Pembunuh Berantai Divonis 11 Tahun, Jubir PN Wates Sebut Tak Ditemukan Niat Awal Pelaku Bunuh Korban

Dijelaskannya, RS merupakan salah satu pejabat Disdikpora Kulon Progo selaku penanggungjawab penganggaran dan pembangunan GOR Cangkring. Sedangkan AN berasal dari sebuah perusahaan perencanaan pembangunan. Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, keduanya tidak ditahan.

"Mereka kami nilai cukup kooperatif dalam setiap pemanggilan pemeriksaan," ucapnya.

Menurut Yuni, kasus korupsi proyek pembangunan GOR Cangkring lebih mengarah pada standarisasi gedung. Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah mengatur standarisasi GOR berikut spesifikasinya, namun perencanaan hingga pembangunannya tidak sesuai sehingga berpotensi menyebabkan kerugian negara.

Baca Juga: Sultan HB X Minta Warga Tak Pilih-pilih Jenis Vaksin Covid-19

"Pembuatan desainnya tidak memenuhi standar yang ditetapkan sehingga pelaksanaanya juga tidak memenuhi standar," ucap Yuni.

Hingga kini, lanjut Yuni, Kejari Wates masih menghitung berapa kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus korupsi proyek pembangunan GOR Cangkring. Dalam perencanaan pembangunan, anggaran yang dialokasikan sebanyak Rp 98 juta, berasal dari APBD Kulon Progo tahun 2018. Sementara untuk pelaksanaan pembangunan GOR Cangkring anggarannya mencapai Rp 13,4 miliar dari APBD Kulon Progo 2019.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X