• Jumat, 27 Mei 2022

Potensi Banjir Mengancam, Warga di Sekitar Aliran Sungai Bengawan Solo Sukoharjo Diminta Waspada

- Minggu, 14 November 2021 | 14:52 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat melakukan pengecekan peralatan kewaspadaan bencana alam.  (Foto: Wahyu imam ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat melakukan pengecekan peralatan kewaspadaan bencana alam. (Foto: Wahyu imam ibadi)

SUKOHARJO,harianmerapi.com-Peta wilayah rawan banjir di Kabupaten Sukoharjo masih sama dan tidak mengalami perubahan. Wilayah tersebut berada di dekat Sungai Bengawan Solo. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan mengingat sekarang terjadi peningkatan curah hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Minggu (14/11/2021) mengatakan, peta wilayah rawan banjir di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2021 ini masih sama seperti tahun sebelumnya dan tidak ada perubahan. Wilayah tersebut berada di dekat Sungai Bengawan Solo.

Sungai Bengawan Solo menjadi sumber banjir saat musim hujan karena tidak mampu menampung air hingga meluap ke wilayah sekitarnya. Hal tersebut terjadi setelah Sungai Bengawan Solo menjadi tampungan air dari berbagai sungai yang mengalami dibeberapa wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Aliran air berasal seperti Kali Samin, Kali Langsur, Kali Sawur dan lainnya.

Baca Juga: Hadapi Ancaman La Nina, Pemkab Kulon Progo Siagakan Ratusan Personel Gabungan, Siapkan Anggaran Rp 20 M

"Peta wilayah rawan banjir masih sama. Seperti Kecamatan Grogol, Mojolaban dan Polokarto karena dilintasi aliran Sungai Bengawan Solo," ujarnya.

Dijelaskan, BPBD Sukoharjo sudah meminta masyarakat untuk selalu mewaspadai kerawanan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Beberapa wilayah rawan sudah mendapat pemantauan ketat dari petugas gabungan.

"Sudah dilakukan koordinasi bersama melibatkan semua pihak terkait. Sebab penanganan bencana alam menjadi tanggungjawab semua pihak," lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Kabupaten Sukoharjo secara geografis, geologis, demografis maupun hidrometeorologis merupakan wilayah rawan bencana alam.

Baca Juga: Pemkab Bantul Segera Tangani Kerusakan Insfrastruktur dan Sarana Fisik Akibat Banjir

Kejadian bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Sukoharjo sangatlah beragam baik jenis maupun skalanya yang meliputi banjir, tanah longsor, angin kencang, kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X