• Jumat, 21 Januari 2022

Bencana Tanah Bergerak Landa Sejumlah Kecamatan di Sukabumi, Sejumlah Rumah Ambruk dan Retak

- Jumat, 12 November 2021 | 23:07 WIB
Kondisi rumah warga di Kampung Cipanas RT 06/02, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang ambruk akibat bencana pergerakan tanah. ( Antara/Aditya Rohman)
Kondisi rumah warga di Kampung Cipanas RT 06/02, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang ambruk akibat bencana pergerakan tanah. ( Antara/Aditya Rohman)

SUKABUMI, harianmerapi.com - Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilanda bencana tanah bergerak hingga menyebabkan sejumlah rumah ambruk dan beberapa lainnya terancam.

Bahkan banyak rumah pada bagian dinding dan pondasinya sudah mulai retak-retak.

"Rumah yang ambruk milik Rohim, beruntung saat kejadian penghuninya sudah tidak ada di dalam rumah, sementara yang terancam dan retak-retak jumlahnya cukup banyak termasuk ruimah saya," kata salah seorang warga yang rumahnya ikut terancam bencana pergerakan tanah, Turgandi kepada wartawan di Sukabumi, Jumat (12/11/2021).

 

Menurut Turgandi, bencana pergerakan tanah di RT 06/02, Desa Wangunsari ini sudah terjadi beberapa waktu lalu, namun tidak begitu parah. Kini hari demi hari tanah yang ambles dan retak semakin meluas hingga ke permukiman warga.

Bahkan, warga sudah mulai gelisah dan panik apalagi saat turun hujan yang dikhawatirkan pergerakan tanah semakin meluas yang bisa saja menyebabkan kerusakan, seperti rumah Rohim yang awalnya amblas dan akhirnya ambruk pada Rabu (10/11).

 

Selain itu, ia pun dan keluarga dalam waktu dekat ini akan mengungsi ke tempat yang lebih aman karena kondisi pondasi rumahnya sudah retak-retak yang cukup parah. Maka dari itu, Turgandi saat ini tengah mencari kontrakan sekaligus membenahi barang-barang milik untuk dipindahkan.

 

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Jember

Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB

Gempa Bumi Banten, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:45 WIB
X