• Kamis, 26 Mei 2022

MDMC dan Lembaga Pemerintah Berkomitmen Lindungi Disabilitas dari Covid-19

- Selasa, 9 November 2021 | 16:49 WIB
Tandatangan deklarasi komitmen ubah perilaku hadapi Covid-19.  (Foto: Amin Kuntari)
Tandatangan deklarasi komitmen ubah perilaku hadapi Covid-19. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Lembaga Penanggulangan Bencana, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulon Progo atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) terus berupaya melindungi satuan pendidikan terutama disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Salah satunya dengan menggandeng lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam pelaksanaan program Usaha Berubah Perilaku Hadapi Pandemi Covid-19 (Ubah).

Fasilitator program Ubah dari MDMC Kulon Progo, Budi Santosa menyampaikan, sejumlah lembaga yang dilibatkan pihaknya dalam program Ubah merupakan lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Di antaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), PMI, lembaga penyandang disabilitas, PD Aisyiyah, PD Muhammadiyah dan sebagainya.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Diprioritaskan Menerima KIP Kuliah, Ini Kata Nadiem Makarim

"Kami belajar bersama mengubah perilaku untuk menghadapi Covid-19, terutama mengajak keberpihakan ke penyandang disabilitas," kata Budi usai acara Lokakarya Kajian Risiko dan Kajian Kebijakan Pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan pemangku kepentingan yang digelar di Wisma Dharmais, Pengasih, Selasa (9/11/2021).

Setelah digelar beberapa kali pertemuan, MDMC bersama lembaga terkait berupaya mengkaji beragam kebijakan dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di kalangan satuan pendidikan baik reguler maupun disabilitas.

Mereka kemudian melakukan deklarasi pentahelix Kulon Progo untuk dukungan aman Covid-19 bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: Masih Pandemi, Kemenkeu Mengajar Kembali Digelar di Jogja Secara Daring

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pers Harus Mengkritik dengan Santun

Rabu, 27 April 2022 | 19:20 WIB
X