• Jumat, 21 Januari 2022

Polres dan Pemkab Gunungkidul Gelar Apel Siaga Penanganan Bencana

- Selasa, 9 November 2021 | 16:07 WIB
Bupati dan Kapolres tinjau kesiapan sarana pengananan bencana alam. (Bambang Purwanto)
Bupati dan Kapolres tinjau kesiapan sarana pengananan bencana alam. (Bambang Purwanto)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Apel Siaga Bencana di Wilayah Hukum Polres Gunungkidul digelar di halaman Mapolres setempat Selasa (9/11/2021).

Apel siaga Bencana dipimpin Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dihadiri Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK MT, Dandim 0730 Letkol Kav Anton Wahyudho, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edi Basuki MSi dan para kadinas terkait.

Bupati Gunungkidul H Sunaryanto dalam sambutannya menyatakan, wilayahnya merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki potensi kerawanan bencana alam yang cukup tinggi.

Baca Juga: Tabrakan Tewaskan 4 Orang, Sopir Truk di Sumedang Ditangkap dan Dijadikan Tersangka

Terdapat banyak potensi bencana melanda wilayah Kabupaten Gunungkidul dari bencana kekeringan, gempa bumi, tanah longsor, angin kencang, abrasi dan gelombang tinggi di wilayah pesisir pantai selatan.

Terkait sering terjadinya bencana, maka Pemkab akan melakukan upaya pemantauan dan pencegahan, dengan cara identifikasi wilayah prioritas yang terkena dampak, serta menetapkan SK siaga darurat banjir dan longsor.

Saat ini dari tingkat kalurahan sudah mengaktifkan posko siaga darurat bencana dan selalu berkoordinasi serta melaporkan kejadian bencana yang terjadi di wilayahnya.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Meroket, Disperindag Gunungkidul Gelar Operasi Pasar

"Seluruh unsur pemerintah dan masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan, kesiap siagaan dan mempersiapkan diri dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam," katanya.

Kegiatan apel gelar pasukan siaga bencana tersebut juga dalam rangka pengecekan kesiapsiagaan personel berserta peralatan pendukung dalam menghadapi potensi kerawanan bencana alam di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Berbagai peralatan disiagakan seperti perahu karet untuk antisipasi banjir dan peralatan SAR lainnya. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X