• Kamis, 9 Desember 2021

Peringati Hari Santri Nasional, Sahabat Ganjar Dorong Para Santri Menjadi Santripreneur

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:29 WIB
Kegiatan Seminar bertajuk 'Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif' yang diadakan oleh Sahabat Ganjar dalam rangka Hari Santri Nasional, Minggu (24/10/2021). (Dokumentasi Sahabat Ganjar  )
Kegiatan Seminar bertajuk 'Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif' yang diadakan oleh Sahabat Ganjar dalam rangka Hari Santri Nasional, Minggu (24/10/2021). (Dokumentasi Sahabat Ganjar )

BANJARNEGARA, harianmerapi.com - Seminar bertajuk 'Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif' yang diadakan oleh Sahabat Ganjar dalam rangka Hari Santri Nasional fokus membahas bagaimana menggali potensi para santri untuk mengembangkan peluang usaha di masa pandemi Covid-19.

Salah satu pembicara, Sarbiyanto, menyampaikan beberapa poin penting dalam rangka menjadikan pesantren wirausaha yang sukses. Salah satunya adalah bagimana para santri meneladani Rasulullah SAW dalam segala aspek kehidupan termasuk berwirausaha.

“Dengan memperingati Hari Santri Nasional 2021, hendaknya dapat mendorong para santri menjadi santripreneur yakni santri wirausaha atau santri pengusaha untuk mewujudkan pesantrenpreneur atau pesantren wirausaha yang sukses, meneladani Rasulullah SAW,” jelasnya, Minggu (24/10/2021) di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin - Alif Baa, Mantrianom, Banjarnegara.

Baca Juga: Dubes Denmark Lars Bo Larsen Ternyata Punya Tinggi Badan 202 Cm, Penasaran Ganjar Akhirnya Terjawab

Selain kegiatan seminar, juga dilakukan lomba bertajuk 'Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi' yang diikuti oleh 10 pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk mengasah ide wirausaha yang dimiliki santri dengan menggunakan aset yang sudah dimiliki pondok pesantren dan merepresentasikan konsep usaha yang akan dijalankan.

Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar, A. Jaka Saptana sekaligus pengisi materi pada seminar berharap kegiatan ini dapat memberikan insprirasi terutama di bidang wirausaha agar para santri dapat menggali potensi diri dalam membuat usaha mandiri.

“Kami berharap acara ini bisa menggali potensi diri para santri untuk bisa membuat usaha mandirinya. Kemarin kita sudah melakukan Grebek Ponpes yang bertujuan untuk membekali Pondok Pesantren untuk terjun ke dunia digital. Dan hari ini adalah puncak kegiatan Grebek Ponpes untuk melihat potensi berwirausaha yang dimiliki para santri khususnya di Jawa Tengah,” jelasnya.

Sahabat Ganjar berharap dengan adanya kegiatan juga dapat menjadi gebrakan baru bagi para santri agar dapat berwirausaha dengan memanfaatkan platform digital.

Kegiatan juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.*

 

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X