• Sabtu, 4 Desember 2021

Inilah Rumus Rahasia Pengendalian Covid-19 di Indonesia

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:18 WIB
Tangkapan layar Epidemiolog dari Universitas Indonesia  Pandu Riono saat hadir secara virtual dalam acara Talkshow ANTARA yang diikuti dari YouTube ANTARA TV Indonesia di Jakarta, Kamis (21/10/2021).  (ANTARA/Andi Firdaus)
Tangkapan layar Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono saat hadir secara virtual dalam acara Talkshow ANTARA yang diikuti dari YouTube ANTARA TV Indonesia di Jakarta, Kamis (21/10/2021). (ANTARA/Andi Firdaus)



JAKARTA, harianmerapi.com - Indonesia dinilai berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, sehingga dipuji negara lain.


Namun untuk mencapai keberhasilan itu ada rumus rahasianya. Rumus ini diungkap epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono.


Ia mengungkap rahasia keberhasilan pengendalian pandemi Covid-19 di Tanah Air yang saat ini sedang menunjukkan tren penurunan.

Baca Juga: Indonesia Kembali Datangkan 1,2 Juta Dosis Vaksin Pfizer

"Rumus inilah yang menjadi rahasia, bagaimana kita berusaha mengintegrasikan efek 5M untuk menekan penularan, efek 3T untuk memutus rantai penularan dan efek vaksinasi supaya tidak ada lagi yang terinfeksi berat," kata Pandu Riono saat hadir secara virtual dalam acara Talkshow ANTARA yang diikuti dari YouTube ANTARA TV Indonesia di Jakarta, Kamis (21/10/2021) siang.

Efek 5M yang dimaksud adalah mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan. 3T adalah testing, tracing dan treatment.

 

Pandu menyakini bila rumus tersebut diterapkan secara serius maka Indonesia dipastikan dapat mengendalikan pandemi Covid-19. Apalagi pemerintah saat ini memiliki tim verifikator untuk menskrining aktivitas masyarakat berdasarkan status kesehatannya.

Baca Juga: 27 Keluarga Graduasi PKH di Gunungkidul Terima Bantuan Rp3 Juta untuk Buka Usaha

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asrama Haji Akan Dijadikan Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB
X