• Kamis, 9 Desember 2021

Klaster PTM Muncul di Solo, 46 Siswa dan Guru Terpapar Covid-19, Dinas Kesehatan Lakukan Tracing

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:12 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih.  (ANTARA/Aris Wasita)
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih. (ANTARA/Aris Wasita)

SOLO, harianmerapi.com - Pemerintah Kota Surakarta hingga saat ini masih melakukan tracing atau penelusuran kontak sebagai buntut munculnya klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Selasa (19/10/2021), mengatakan hingga saat ini ada lima sekolah yang diketahui muncul kasus Covid-19, yakni di SD Kristen Manahan, SDN Mangkubumen, SDN Danukusuman, SD Al Islam 2 Jamsaren, dan SD Semanggi Lor.

Ia mengatakan dari lima sekolah tersebut sejauh ini ditemukan ada 46 siswa dan guru yang terpapar Covid-19. Dari total tersebut, enam di antaranya merupakan tenaga pendidik.

Baca Juga: Klaster Senam di Bantul Dinyatakan Berhenti, Tiga Pasien Pertama Sudah Selesai Isolasi

Meski demikian, dikatakannya, dari seluruh kasus positif Covid-19 tersebut tidak semuanya merupakan warga Kota Solo. Untuk warga Solo hanya sekitar 50 persen, sedangkan sisanya merupakan penduduk dari daerah di sekitar kota tersebut, di antaranya Sukoharjo, Klaten, Boyolali, dan Karanganyar.

"Untuk yang dari luar kota sudah kami infokan ke kabupaten sekitar agar segera dilakukan tracing (penelusuran kontak) dan testing (pengetesan), mudah-mudahan cepat sehingga bisa dilakukan treatment (perawatan)," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, dari lima sekolah yang terkonfirmasi Covid-19, dua di antaranya masih menunggu hasil pengetesan.

Baca Juga: Kapolres Temanggung Cek PTM di SMAN 2, Pastikan Protokol Kesehatan Sudah Diterapkan

Sebelumnya, kasus positif Covid-19 yang ditemukan pada kegiatan PTM tersebut merupakan hasil dari program surveilans atau pengamatan dari Kementerian Kesehatan. Kota Surakarta menjadi salah satu daerah yang dipilih untuk diawasi pelaksanaan pembelajaran tatap mukanya, salah satu bentuk pengawasannya adalah melakukan tes usap kepada peserta PTM.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mapolres Sukoharjo Baru Segera Dibangun di Mandan

Rabu, 1 Desember 2021 | 20:05 WIB

Bazar Produk Tani, Petani Bangkit di Masa Pandemi

Rabu, 24 November 2021 | 18:20 WIB

Polsek Grogol Tangkap Perempuan Pelaku Curanmor

Selasa, 23 November 2021 | 20:00 WIB
X