• Senin, 6 Desember 2021

Edukasi Mitigasi Bencana Harus Digencarkan Agar Masyarakat Ikut Berperan

- Senin, 18 Oktober 2021 | 23:58 WIB
Pakar Hidrologi dan Sumber Daya Air Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Yanto, Ph.D.  (Foto: ANTARA/Wuryanti Puspitasari.)
Pakar Hidrologi dan Sumber Daya Air Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Yanto, Ph.D. (Foto: ANTARA/Wuryanti Puspitasari.)

PURWOKERTO, harianmerapi.com - Pemerintah daerah (Pemda) agar menggencarkan edukasi mitigasi bencana hidrometeorologi ke masyarakat.

Hal ini harus dilakukan agar masyarakat semakin paham sehingga bisa mengurangi korban bencana.

Ada beberapa strategi yang dapat dijalankan oleh pemerintah daerah, melalui BPBD atau instansi terkait lainnya, agar masyarakat makin memahami pentingnya berperan aktif dalam upaya mitigasi bencana hidrometeorologi.

"Edukasi mengenai mitigasi bencana hidrometeorologi perlu terus digencarkan dengan berbagai strategi yang tepat sasaran," kata Pakar hidrologi dan sumber daya air dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Yanto, Ph.D, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: BPBD Temanggung Bantu Korban Puting Beliung di Kecamatan Gemawang

"Misalkan melalui penyebarluasan materi-materi tentang bencana hidrometeorologi dan upaya mitigasinya melalui media massa, serta bisa juga melalui flyer, brosur dan media luar ruang yang disediakan di pintu masuk kantor pemerintah, sekolah, tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, kata dia, bisa juga dengan cara memasukkan kajian pengetahuan tentang bencana hidrometeorologi dan upaya mitigasinya ke dalam kurikulum pendidikan.

"Bisa dimulai dari tingkat SD hingga universitas, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana hidrometeorologi," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah melalui BPBD dan organisasi perangkat daerah terkait perlu melakukan upaya sosialisasi dan edukasi secara menyeluruh dan berkala.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Kuliner Salatiga yang Melegenda Akan Dibranding

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:50 WIB
X