• Selasa, 7 Desember 2021

Pemerintah Akan Berikan Sanksi Tegas Bagi Orang yang Melanggar Aturan Karantina Covid-19

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:00 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, di Manokwari, Papua Barat, Rabu (6/10).  (kominfo.go.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, di Manokwari, Papua Barat, Rabu (6/10). (kominfo.go.id)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah akan memberikan sanksi tegas bagi orang yang melanggar aturan tentang karantina Covid-19. Termsuk bagi pelaku perjalanan internasional.

"Sanksi tegas pasti dijatuhkan bagi yang melanggar," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam keterangan resmi, Sabtu (16/10/2021).

Menurutnya, pandemi belum selesai. Oleh karenanya, semua orang wajib tetap menjalankan seluruh peraturan terkait Covid-19, termasuk melakukan karantina bagi seluruh pelaku perjalanan internasional demi memastikan keselamatan orang sekitar dan masyarakat secara luas.

Baca Juga: Kasus Tangkap Tangan Bupati Muba. KPK Dalami Sumber Uang Rp1,5 Miliar yang Diamankan dari Ajudan Bupati

Menurut Johnny, hanya ada satu kunci untuk keluar dari pandemi yaitu saling menjaga sesama.

"Mari jalankan protokol kesehatan dan peraturan terkait pandemi Covid-19 yang ada. Regulasi yang disusun telah melewati serangkaian kajian untuk memastikan seluruh masyarakat terlindungi," kata Johnny.

Aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional berada dalam Surat Edaran Kasatgas Covid-19 No. 20/2021.

Baca Juga: Gemar Nongkrong di Kafe, Generasi Milenial ingin Aktualisasi Diri

Dalam surat tersebut, disebutkan pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia wajib melakukan karantina supaya tidak sakit atau menularkan penyakit ke orang lain. "Terlebih, saat ini banyak ancaman masuknya varian baru corona," kata Johnny.

Pemerintah akan memberikan sanksi tegas bagi pelaku perjalanan internasional yang melanggar kewajiban karantina, sesuai dengan pasal 14 Undang-Undang Wabah Penyakit Menular dan pasal 93 Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X