• Selasa, 7 Desember 2021

Inilah Enam Strategi Pemerintah untuk Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 21:16 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Forum Ekonomi Digital II  (ANTARA/HO-Kemkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Forum Ekonomi Digital II (ANTARA/HO-Kemkominfo)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah memiliki enam strategi utama untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19, yang berpotensi terjadi pada akhir tahun ini.

"Keberhasilan kita saat ini dalam menurunkan kasus Covid-19 tak boleh putus," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dalam keterangan resmi, Sabtu (16/10/2021).

Johnny menuturkan, melihat pengalaman tahun lalu, mobilitas masyarakat meningkat ketika libur Natal dan Tahun Baru sehingga menyebabkan angka kasus dan kematian Covid-19 melonjak tajam.

Pemerintah memperkuat antisipasi untuk akhir tahun ini. Pertama, memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat. Johnny mengingatkan, penurunan tingkat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak disikapi dengan euforia.

Baca Juga: Harimau yang Menerkam Hingga Tewas Dua Warga Merangin Jambi , Berhasil Ditangkap Tim Gabungan

"Kita harus tetap waspada menerapkan protokol kesehatan dan membatasi mobilitas," kata Johnny.

Kedua, pemerintah terus meningkatkan laju vaksinasi untuk kelompok lanjut usia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat pertumbuhan ekonomi. Tujuannya, untuk menekan angka kematian dan perawatan rumah sakit jika sampai terjadi gelombang ketiga.

Ketiga, pemerintah mendorong percepatan vaksinasi anak agar ketika musim libur Natal dan Tahun Baru, imunitas anak sudah terbentuk.

Baca Juga: Oki Wira Sanjaya Gabung ke Rans PIK Basketball di IBL 2022

Keempat, penerbangan internasional sudah dibuka, pemerintah berkomitmen menertibkan mobilitas pelaku perjalanan internasional dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, terutama ke Bali. Hal ini menyusul penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali, dibuka pada 14 Oktober.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X