• Selasa, 7 Desember 2021

Anggota DPR Ingin Percepatan Penyelesaian Sengketa Pemilu, Butuh Kesepakatan KPU, Bawaslu, MA dan MK

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:45 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus.  (ANTARA/HO-Aspri)
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. (ANTARA/HO-Aspri)


JAKARTA, harianmerapi.com - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus berharap agar penanganan sengketa Pemilu 2024 tidak berlarut-larut.


Untuk itu diperlukan kesepakatan antara KPU dan Bawaslu serta Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) agar penyelesaian sengketa bisa diselesaikan secara cepat.


Dorongan tersebut disampaikan Guspardi Gaus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi Masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Izinkan Semua Negara Masuk Indonesia


"Itu agar jangan sampai sengketa pemilu berlarut-larut, sehingga akan menyebabkan terjadi himpitan berbagai tahapan. Kita inginkan jangan sampai antara pelaksanaan pileg, pilpres berhimpitan dengan pelaksanaan pilkada," kata Guspardi Gaus.

hal itu dikatakan Guspardi Gaus terkait usulan pemerintah yang mengusulkan jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 dilaksanakan pada 15 Mei. Usulan tersebut dikhawatirkan akan semakin mempersingkat tahapan Pilkada 2024 yang hari pencoblosannya dilakukan pada November.

 

Guspardi mengatakan, kesepakatan antara pemerintah, penyelenggara pemilu, serta MA dan MK itu seperti bentuk perkara yang bisa di ajukan ke MA dan MK, namun tetap mempertimbangkan bahwa peradilan tidak boleh menolak permohonan.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 28: Seperti Kuda Liar Lepas dari Kekang

"Dalam hal ini perlu dibuat kesepakatan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan sengketa kepemiluan, apakah pileg, pilpres, dan pilkada harus jelas apa bentuk dari perkara yang boleh masuk dan berapa lama perkara itu dilangsungkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X