• Selasa, 7 Desember 2021

PPKM Segera Diturunkan, Bantul Siap Kembali Jadi Tujuan Wisata

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:30 WIB
Wakil Bupati Bantul membuka Pelatihan Pemandu Wisata (foto: Humpro Pemkab Bantul)
Wakil Bupati Bantul membuka Pelatihan Pemandu Wisata (foto: Humpro Pemkab Bantul)

BANTUL, harianmerapi.com – Dinas Pariwisata Bantul menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Buatan atau Taman Rekreasi, Selasa (12/10/2021).

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo menyebut pelatihan yang digelar di Kapanewon Sewon itu mengambil momentum yang tepat, menjelang penurunan level PPKM yang mungkin akan terjadi di Bantul.

Saat membuka pelatihan itu, pihaknya menyebut Kabupaten Bantul akan menjadi tujuan wisata bagi pengunjung lokal maupun luar daerah ketika level PPKM di daerah ini diturunkan oleh Pemerintah Pusat.

Baca Juga: Anak-Anak Boleh Masuk Destinasi Wisata. Sandiaga Uno : Kami Telah Berdiskusi dan Diberikan Panduan

“Pelatihan ini mengambil proyeksi waktu pariwisata tepat sekali karena setelah nanti Pemerintah menurunkan status PPKM dari level 3 ke level 2 atau 1, maka Bantul akan menjadi tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal maupun dari luar DIY,” ungkapnya.

Penyiapan penyambutan wisatawan setelah obyek wisata dibuka ini tentu saja menurut Joko tidak hanya sekedar menyiapkan lokasi dan fasilitas wisatanya. Namun juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai pelaku wisata.

Terlebih pelaku wisata yang tengah dilatih itu adalah bagian dari pelayanan yang akan menjadi garda terdepan menyambut wisatawan. Sehingga pembekalan sebagai pemandu wisata harus diberikan.

Baca Juga: Puluhan Bus dan Mobil Wisatawan yang Akan ke Objek Wisata di Gunungkiul Tertahan di Pos TPR Tepus

Peningkatan kapasitas pemandu wisata ini menurut Wakil Bupati Bantul adalah hal yang wajib dilakukan. Sehingga pariwisata di Bantul akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Pelayanan wisata yang baik akan memberikan dampak terciptanya pola pikir baik dari wisatawan, sehingga wisatawan akan kembali berkunjung karena memiliki kenangan yang baik,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X