• Selasa, 30 November 2021

Bupati Bantul Siapkan Insentif Bagi Kalurahan Berprestasi, Besarnya Rp 300 Juta Sampai Rp 500 Juta

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:15 WIB
Bupati Bantul sampaikan rencana insentif bagi kalurahan berprestasi. (foto: Humpro Pemkab Bantul)
Bupati Bantul sampaikan rencana insentif bagi kalurahan berprestasi. (foto: Humpro Pemkab Bantul)

BANTUL, harianmerapi.com – Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berencana memberi insentif sebagai reward bagi kalurahan berprestasi di wilayahnya.

Hal ini disampaikan Abdul Halim Muslih dalam Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa, Dana Insentif Desa dan Launching Bantul Bersama (Bersih Sampah) 2025, Selasa (12/10/2021).

Dalam kegiatan yang digelar di Banguntapan itu, Bupati Bantul mengatakan Kalurahan berdasarkan Undang - Undang Desa memiliki kewenangan yang besar.

Menurutnya ada empat kewenangan Kalurahan, yakni penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan Pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa, serta pembinaan kemasyarakatan desa.

Baca Juga: PBH Projotamansari Menilai Dana Talangan Bupati Bantul Tak Hapus Perbuatan Pidana

“Saya melihat kedepan desa ini akan bertransformasi menuju organisasi yang besar dengan kewenangan dan anggaran yang semakin besar pula,” sebutnya dihadapan lurah dan panewu se-Bantul.

Abdul Halim Muslih mengaku tidak menutup kemungkinan Pemkab Bantul akan memberikan reward atas prestasi yang dicapai oleh pemerintah kalurahan.

Reward tersebut dikatakannya dalam bentuk dana insentif yang bisa dimiliki jika sesuai kriteria yang ditetapkan.

Abdul Halim Muslih menjelaskan kriteria yang dimaksud adalah tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa dan keuangan desa, pelayanan dasar, pengembangan ekonomi, pengelolaan sampah dan inovasi.

Baca Juga: Bripka Tri Asih, Polwan di Bantul yang Mendapatkan Penghargaan Kapolri karena Nanas Bagong

Kalurahan dengan berbagai kewenangan dan anggaran yang dimiliki, harus diikuti dengan akuntabilitas kerja yang baik, memiliki inovasi yang bagus serta memiliki berbagai program kerja yang bisa mengarahkan masyarakatnya kepada kemandirian dan kesejahteraan.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X