• Jumat, 22 Oktober 2021

Kasus Bawang Merah Nawungan, Bupati Bantul: Saya Harus Turun Tangan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:29 WIB
Penyerahan dana talangan dari Bupati Bantul kepada para petani di Nawungan.  (Dok AHM Media Center)
Penyerahan dana talangan dari Bupati Bantul kepada para petani di Nawungan. (Dok AHM Media Center)

BANTUL, harianmerapi.com - Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih akhirnya menyerahkan dana talangan untuk petani bawang merah di Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Bantul sebesar Rp 153,3 juta.

Dana tersebut diserahkan, Senin (11/10/2021) malam sebagai dana talangan di tengah ketidakjelasan transaksi bawang merah antara petani dan PT Mukti Mulyo Mandiri (3M) sebagai pembeli.

"Saya terus memantau perkembangan kasus bawang merah ini. Dan ketika (kasus) semakin tidak jelas, dalam situasi seperti ini saya harus turun tangan," ungkapnya.

Baca Juga: Petani Bawang Merah Nawungan Bantul Lapor Polisi, Begini Kronologi Kasusnya

Abdul Halim Muslih mengatakan bagi petani, kasus ini adalah musibah yang harus diselesaikan. Pihaknya menyebut ada kasus pidana dalam hal transaksi bawang merah di Nawungan.

"Kasus di Nawungan ini adalah musibah di mana barang yang ada tidak terbayarkan. Dan saya melihat ini sebagai sebuah musibah," sebutnya.

Bupati Bantul menyebut sebagai pemerintah pihaknya memiliki tanggungjawab moral kepada masyarakat. Sehingga ditemani Panewu Imogiri, Slamet Santoso, pihaknya menyerahkan dana talangan tersebut.

Abdul Halim Muslih menjelaskan dana talangan dari pribadinya itu total Rp 151,3 juta. Jumlah itu dihitung sesuai sistem Break Event Point (BEP) senilai Rp 6.700.

Jumlah bawang merah yang tidak terbayar sebanyak 22.580 kg milik 27 anggota kelompok tani Lestari Makmur.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X