• Kamis, 20 Januari 2022

Optimalkan DBHCHT, Bea Cukai Jogja Sosialisasikan Ciri Rokok Ilegal

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:49 WIB
Sosialisasi Kegunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Bea Cukai Jogja, Senin (4/10/2021). (Dok Bea Cukai Jogja  )
Sosialisasi Kegunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Bea Cukai Jogja, Senin (4/10/2021). (Dok Bea Cukai Jogja )

JOGJA, harianmerapi.com - Bea Cukai Jogja bersama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta secara kontinyu melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang ketentuan cukai dan ciri rokok ilegal.

Selama bulan September 2021, sosialisasi kegunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) telah dilakukan di beberapa wilayah di kota Jogja dan menyusul dilakukan sosialisasi pertama bulan Oktober 2021 kepada masyarakat umum di sekitar Pengok Kidul, Kota Jogja.

Narasumber Penyuluhan Bea Cukai Jogja diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Joko Santoso menyampaikan materi terkait ketentuan di bidang cukai terbaru, termasuk jenis-jenis pelanggaran di bidang cukai dan cara mengidentifikasi pita cukai.

Baca Juga: Melatih Diri Terbebas dari 'Toxic Positivity' Ala Adjie Santosoputro

"Penting adanya kerja sama masyarakat dalam rangka pemberantasan rokok illegal," ujarnya, Senin (4/10/2021) di Kedai Casper Jogja.

Sosialisasi yang terselenggara dengan adanya kerjasama Bea Cukai Jogja dengan pemerintah kota Jogja dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta direspons positif oleh para peserta dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan ihwal ketentuan dalam penjualan tembakau iris dan apa yang harus dilakuka apabila ditemukan rokok tanpa pita cukai.

"Sesuai ketentuan bahwa tembakau iris dengan berat di bawah 2,5 kilogram dan disiapkan untuk penjualan eceran secara langsung harus dilekati pita cukai dan apabila dijumpai rokok tidak dilekati pita cukai jangan segan-segan untuk menghubungi Bea Cukai melalui media-media telepon, WhatsApp, Instagram Bea Cukai Yogyakarta atau Satpol PP," jelas Joko.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga pun Bisa Jadi Kaya, Ini Dia Tips dr Aisah Dahlan

"Identitas pelapor akan dijamin untuk dilindungi dan dirahasiakan jadi jangan takut untuk melaporkan segala kegiatan illegal terkait rokok disekitar anda kepada kami," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
X