• Kamis, 20 Januari 2022

Saluran Irigasi Kalibawang Kulon Progo Jebol, Bupati Sutedjo Pastikan Lahan Pertanian Tak Terdampak

- Kamis, 30 September 2021 | 20:15 WIB
Saluran irigasi Kalibawang di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, ambles pada Rabu (22/9/2021) sekitar 05.00 WIB.  (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)
Saluran irigasi Kalibawang di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, ambles pada Rabu (22/9/2021) sekitar 05.00 WIB. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Bupati Kulon Progo, Sutedjo memastikan, lahan pertanian di wilayah Kalibawang dan Nanggulan tidak terdampak jebolnya saluran irigasi di Dusun Pantog Wetan, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang.

Meski demikian, bupati tetap berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) agar segera melakukan perbaikan sebagai upaya mengantisipasi kekeringan lahan pertanian.

Seperti diketahui, saluran irigasi di Pantog Wetan jebol pada Selasa (21/9). Jebolnya saluran irigasi tersebut hingga kini diklaim Sutedjo belum berdampak pada lahan pertanian di sejumlah wilayah yang saat ini memasuki masa tanam pertama.

Baca Juga: Fasilitas Olahraga di Alun-alun Wates Kulon Progo Dipasangi Garis Polisi

"Jebolnya saluran induk irigasi Kalibawang belum berdampak pada pola tanam di wilayah yang memasuki masa tanam pertama seperti di Kalibawang dan Nanggulan," kata Sutedjo, Kamis (30/9/2021).

Ia menjelaskan, saat ini sebagian petani baru mulai menggarap atau mengolah lahan. Sementara sebagian lainnya sudah menyemai benih sehingga produktivitas pertanian di Kulon Progo baru persiapan akan tanam.

Meski demikian, Pemkab Kulonprogo tetap berkoordinasi dengan BBWSO agar segera melakukan perbaikan. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan lahan pertanian. Pemkab bahkan telah melakukan pemantauan di saluran irigasi di Dusun Pantog Wetan yang sudah mengalami kerusakan tiga kali.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival 2021, Bangkit Bersama dengan Beradaptasi di Masa Pandemi

"Mudah-mudahan sepekan ke depan air sudah bisa dialirkan kembali dan mengairi lahan pertanian," ujar Sutedjo.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X