• Selasa, 25 Januari 2022

Kampung Singkong di Salatiga Dikukuhkan Mentan S Yasin Limpo

- Kamis, 30 September 2021 | 16:06 WIB
Pengukuhan Kampung Singkong Salatiga Secara Virtual oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.  (Foto: Prokompim Setda Salatiga)
Pengukuhan Kampung Singkong Salatiga Secara Virtual oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Prokompim Setda Salatiga)

SALATIGA, harianmerapi.com - Kampung Argowiyoto, Kelurahan Ledok, Salatiga dikukuhkan menjadi Kampung Singkong oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo secara virtual dari Yogyakarta, Kamis (30/9/2021).

Pengukuhan ini juga disaksikan Walikota Salatiga Yuliyanto, Wakil Walikota Muh Haris dan Forkopimda Salatiga.

Keberadaan Kampung Singkong di Salatiga juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Ditinggal Vaksin, Rumah di Bantul Ludes Terbakar Uang Segepok Hampir Jadi Abu

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong optimalisasi potensi singkong sekaligus menggerakkan roda perekonomian dari para pelaku UMKM di Salatiga.

“Alhamdullilah kita mendapat dukungan penuh atas inovasi dan potensi singkong yang kita miliki. Wilayah ini dikukuhkan menjadi Kampung Singkong agar bisa menjadi daya ungkit perekonomian karena mampu mengembangkan potensi yang ada di daerah sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” kata Walikota Salatiga Yuliyanto di Dukuh Ngaglik Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Salatiga, Kamis (30/9/2021).

Data di tahun 2020, kebutuhan singkong yang di produksi di Salatiga mencapai 638,10 ton. Saat ini masyarakat Salatiga mulai berinovasi pada pengembangan dan pengolahan singkong.

Baca Juga: Aldebaran dan Rendy Kompak Cari Pelaku Teror Bikin Netizen Baper, Sinopsis Ikatan Cinta 30 September 2021

Pengolahan tersebar di empat kelurahan, masing-masing Kelurahan Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo, Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir, Kelurahan Cebongan Kecamatan Argomulyo dan yang terbanyak di Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo dengan produksi 8 ton per hari.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X