• Senin, 27 Juni 2022

Masjid dan Pesantren Bisa Lakukan Inkubasi Bisnis, Supaya Bisa Tumbuhkan Santripreuner

- Rabu, 29 September 2021 | 21:10 WIB
Riza Damanik di Indramyu (Foto : Humas KemenkopUKM)
Riza Damanik di Indramyu (Foto : Humas KemenkopUKM)

INDRAMAYU, harianmerapi.com - Masjid dan pesantren dapat melakukan inkubasi bisnis. Sehingga, bisa menumbuhkan santripreneur berbasis teknologi dan inovasi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, pada acara Bazaar UMKM dan BUMN dalam rangka Haul Habib Umar bin Yahya, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021).

Pasalnya, lanjut Riza, Indonesia memiliki potensi ekonomi umat yang sangat besar. Selain sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan pusat ekonomi syariah terbesar keempat di dunia dalam Global Islamic Economic Indikator.

Baca Juga: Film G30S PKI Dinilai Tidak Sesuai Realita, Simak Momen Terakhir Ilham Aidit Melihat Ayahnya

"Indonesia juga masuk ke dalam 10 besar dalam kategori makanan halal, wisata ramah Muslim, hingga fesyen, obat-obatan, dan komestik halal," kata Riza.

Bahkan, Riza menyebutkan bahwa Indramayu memiliki potensi besar, khususnya di sektor pangan. "Ke depan, kami akan terus perkuat sektor pangan karena merupakan kontributor tertinggi kedua dalam PDRB Indramayu, termasuk nasional," ulas Riza.

Riza mencontohkan potensi beras dan buah tropis (mangga), serta sektor perikanan yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan di Indramayu. "Apalagi, perikanan di Indramayu terbesar di Jabar, baik subsektor budidaya maupun perikanan tangkap, atau pengolahan ikan dan garam," jelas Riza.

Baca Juga: Positif Covid-19 di Yogya Hari Ini Tambah 75, Pasien Sembuh 125 Orang

Namun, Riza mengakui, dalam pengembangan sektor pangan masih memiliki banyak tantangan yang harus dibenahi. Diantaranya, rata-rata para pelaku di sektor ini masih kecil-kecil dan perorangan.  Sehingga, kurang efektif dan efisien.

"Ada juga tantantan menuju akses pasar yang akan terus kita perbaiki," tandas Riza.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bali Bukan 'Save Haven' untuk Pengguna Narkotika

Minggu, 19 Juni 2022 | 14:50 WIB
X