• Selasa, 24 Mei 2022

Hari Tani Nasional 2021, Tengok Koleksi Menarik Museum Tani Jawa di Bantul

- Jumat, 24 September 2021 | 15:06 WIB
Koleksi Museum Tani Jawa Indonesia. 					 (Foto: kemendikbud.go.id)
Koleksi Museum Tani Jawa Indonesia. (Foto: kemendikbud.go.id)

BANTUL, harianmerapi.com - Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Pemerintah menetapkan peringatan Hari Tani Nasional untuk mengenang sejarah perjuangan petani di Indonesia.

Di Kabupaten Bantul, tepatnya Kalurahan Kebonagung, Kapanewon Imogiri terdapat museum yang menyimpan koleksi unik tentang sejarah pertanian.

Berkunjung ke museum ini menjadi alternatif untuk merefleksikan peringatan Hari Tani Nasional 2021.

Laman visitingjogja.com menyebut Museum Tani Jawa dirintis sejak 1998 silam. Laman resmi Dinas Pariwisata DIY ini menjelaskan gedung museum sempat berpindah-pindah dan menempati rumah dukuh setempat.

Baca Juga: Polres Boyolali Bongkar Jaringan Pembuat dan Pengedar Uang Palsu, 9 Orang Ditahan

Bangunan museum saat ini merupakan gedung baru yang direnovasi pada 2017 lalu. Sebelumnya gedung penyimpanan koleksi sempat rusak saat terjadi gempa bumi 2006 lalu.

Lokasi museum berada di Pedukuhan Kanten yang sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian. Hal inilah kemudian yang membuat warga setempat mengembangkan paket wisata edukasi pertanian yang dipusatkan di area museum.

Belum lagi Kalurahan Kabonagung yang dikenal dengan desa wisata pertanian semakin melengkapi dukungan potensi wisata di tempat ini. Sebelum pandemi, museum ini sering menjadi tempat peringatan Hari Tani Nasional.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dukung BPN Berantas Mafia Tanah, Butuh Keseriusan

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X