• Jumat, 21 Januari 2022

Tren Kunjungan Wisatawan DIY Naik, Kemenparkraf Tambah 4 Destinasi Uji Coba Pembukaan Pariwisata

- Selasa, 21 September 2021 | 15:38 WIB
Singgih Raharjo. (Foto: Wulan Yanuarwati)
Singgih Raharjo. (Foto: Wulan Yanuarwati)

YOGYA, harianmerapi.com - Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyebut tren kunjungan wisatawan di Yogyakarta mengalami kenaikan.

Pada akhir pekan kemarin, tercatat ribuan orang berwisata di tiga objek wisata yang sudah resmi diuji cobakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Kebun Binatang Gembira Loka, Tebing Breksi, dan Hutan Pinus Mangunan.

"Di minggu kemarin ada peningkatan mencapai hampir 3 ribu (wisatawan) yang mengunjungi 3 tempat itu ya. Masing-masing memang berbeda-beda, 100-an di Gembira Loka, kemudian 400-an di Breksi dan yang banyak itu di Hutan Pinus," jelasnya, Selasa (21/9/2021) di Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Baca Juga: DIY Lanjut PPKM Level 3, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mall

Selanjutnya, Singgih menyebut akan kembali dilakukan tambahan uji coba pembukaan objek wisata di empat tempat di wilayah Yogyakarta yakni Kompleks Ratu Candi Rabu Boko, Merapi Park, serta Seribu Batu dan Pinus Pengger yang ada di Kawasan Hutan Pinus Mangunan.

"Keempat tempat wisata ini sudah mengantongi sertifikat CHSE kemudian seluruh pelaku pariwisata sudah divaksiansi, SOP juga sudah jelas. Kesiapan mereka cukup siap. Bersifat outdoor non berbasis air, itu yang dipilih Kementerian tahap satu dan dua masih sama untuk persyaratannya," jelasnya.

Singgih menyebut sebetulnya pihaknya telah mengusulkan lima tempat untuk ujicoba tahap namun hanya empat yang diizinkan. Pasalnya harus berbagi kuota dengan daerah lain.

Baca Juga: Nakes Korban KKB di Kiwirok Mengadu ke Komnas HAM Papua, Butuh Perlindungan

"Kita sebetulnya usulkan lima tapi karena berbagi dengan provinsi lain ya jadi Yogya dikurangi satu," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
X