• Jumat, 22 Oktober 2021

Waspada Kasus Covid-19 Naik Turun, Sekolah Muhammadiyah Tak Buru-buru Sekolah Tatap Muka

- Senin, 20 September 2021 | 20:57 WIB
Ilustrasi COVID-19  ((Pixabay))
Ilustrasi COVID-19 ((Pixabay))

YOGYA,harianmerapi.com- Semua sekolah dari seluruh jenjang di bawah naungan Muhammadiyah Yogyakarta belum menerapkan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) meski sudah diperbolehkan pemerintah. Meskipun sejumlah sekolah di Yogyakarta mulai Senin (20/9/2021) sudah mulai menerapkan ujicoba PTM terbatas, Muhammadiyah belum akan melaksanakannya.

Ketua Daerah Muhammadiyah (PDM) Yogyakarta, Akhid Widi Rahmanto mengatakan alasan utama ialah kasus positif Covid-19 di Yogyakarta masih fluktuatif.

Dia menegaskan pihaknya mengutamakan faktor kehati-hatian.

“Kita hanya kehati-hatian saja jadi kita masih melihat bagaimana pemberlakuan yang sekarang mulai, dan saya tadi sempat muter-muter di beberapa sekolah (yang hari ini mulai ujicoba PTM), memang masih susah. Artinya gerombolan, kerumunan masih terjadi saya lihat,” ujarnya, Senin (20/9/2021) melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Pemerintah Minta Semua Pihak Dukung PTM. Tujuannya Agar Generasi Muda Indonesia Tidak 'Lerning Loss'

Akhid menyebut berdasarkan hasil kajian Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) kasus Covid-19 di Yogyakarta yang masih fluktuatif.

Hal itu menjadi alasan utama pengambilan keputusan. Meski begitu, dia menyebut dalam 2 hingga 3 hari ke depan, pihaknya akan mengevalusi kembali. Apabila kondisi memungkinkan, bisa saja segera dilakukan ujicoba PTM.

"Kita masih hati-hati, 2-3 hari lagi akan kita evaluasi baru nanti akan kita putuskan untuk menyesuaikan aturan-aturan yang ada," imbuhnya.

Akhid menyebut, meski Muhammadiyah sudah sangat siap dari segi sarana dan prasarana protokol kesehatan Covid-19 dan vaksinasi Covid-19 guru, pengajar, dan siswa juga sudah memenuhi persyaratan pembukaan ujicoba PTM, pihaknya tidak mau ambil risiko untuk saat ini.

Baca Juga: DPRD Sukoharjo Minta Disdikbud dan DKK Perketat Prokes Sekolah Saat PTM

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini, Jogja Nihil Kasus Meninggal Akibat Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:48 WIB

MCCC Teguhkan Gerakan Jaga Kyai dan Santri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:20 WIB
X