• Jumat, 22 Oktober 2021

Coba Perkosa Gadis, Pria ODGJ di Bantul Divonis 1,5 Tahun Penjara

- Senin, 20 September 2021 | 19:37 WIB
 Terdakwa didampingi penasihat hukum saat mendengarkan vonis majelis hakim PN Bantul. ( Foto: Yusron Mustaqim)
Terdakwa didampingi penasihat hukum saat mendengarkan vonis majelis hakim PN Bantul. ( Foto: Yusron Mustaqim)

BANTUL, harianmerapi.com- Seorang pria, Teguh Prihatin (48) yang diketahui sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) warga Sewon Bantul divonis 1 tahun 6 bulan penjara atau 1,5 tahun penjara dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Senin (20/9/2021).

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 285 KUHP jo pasal 53 ayat (1) KUHP.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim sama dengan tuntutan jaksa Dian Susanto Wibowo SH yang sebelumnya menuntut 1,5 tahun penjara. Atas vonis majelis hakim tersebut, terdakwa yang menjalani tahanan rumah menyatakan pikir-pikir.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ribuan Lansia di Kota Yogya Terima Bantuan Rp 180 Ribu Per Bulan Selama Setahun

"Kami menyatakan pikir-pikir, tetapi kami segera akan menyiapkan untuk banding. Secara kenegaraan terdakwa masuk dalam kategori ODGJ. Ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI yang menyatakan hak-hak ODGJ dilindungi UU," ujar Juniedy Rachmat Eko SH didampingi Hermawan Sulistiyanta SH dan Ahmad Perwira Utama SH usai pembacaan vonis.

Hal-hal yang memberatkan hukuman, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan membuat trauma saksi korban.

Dalam amar putusan majelis hakim terungkap, terdakwa pada Minggu 12 Juli 2020, sekitar pukul 02.45 hendak melakukan perkosaan terhadap saksi korban sebut saja Kencur (20-nama samaran) di sebuah kamar kos di Sewon Bantul.

Baca Juga: Ada Perbedaan Jenis Vaksin yang Telah Beredar di Masyarakat. Ini Kata dr. Reisa Broto Asmoro

Sebelum melakukan aksinya, terdakwa jalan-jalan di sekitar kos melihat pintu kamar kos terbuka melihat saksi korban tidur terlentang menggunakan celana pendek dan kaos.Untuk itu timbul birahi terdakwa untuk menggauli saksi korban.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X