• Kamis, 9 Desember 2021

Nenek Berusia 77 Tahun Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni. Bupati Sleman : Ternyata Benar Laporan Itu

- Minggu, 19 September 2021 | 19:13 WIB
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kunjungi nenek yang tinggal di rumah tidak layak huni yang viral di medsos di Guyangan Kajor, Kelurahan Nogotirto, Kapanewon (Kecamatan) Gamping, Minggu 19 September 2021. Foto  (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman)
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kunjungi nenek yang tinggal di rumah tidak layak huni yang viral di medsos di Guyangan Kajor, Kelurahan Nogotirto, Kapanewon (Kecamatan) Gamping, Minggu 19 September 2021. Foto (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, harianmerapi.com - Mbah Saliyah (77) yang tinggal di rumah kategori tidak layak huni di Guyangan Kajor, Kelurahan Nogotirto, Minggu (19/9/2021) didatangi Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Kunjungan Kustini ke rumah mbah Suliyah di Kapanewon (Kecamatan) Gamping ini berangkat dari sejumlah aduan di media sosial dan sempat viral pada Sabtu, (18/9/2021), yang mengisahkan jika perempuan berusia 77 tahun itu hidup dengan kondisi yang jauh dari layak dan membutuhkan bantuan.

"Berdasarkan informasi yang saya dapat Sabtu kemarin, hari ini langsung saya respons dengan mengunjungi kediaman Mbah Saliyah untuk memastikan kondisi beliau. Dan ternyata laporan itu benar," kata Kustini.

Baca Juga: Pemerintah Tengah Menyempurnakan Sistem Peringatan Dini Tsunami. Begini Penjelasan Kepala BMKG

Dari obrolan singkatnya bersama Kustini, Mbah Saliyah menuturkan bahwa ia tinggal bersama adiknya dengan status warga Sleman (ditinggal mati suami).

Bupati mengatakan, di usianya yang tak lagi sekuat dulu, Mbah Saliyah masih mengais rezeki dengan membuat anyaman ketupat dan mendapat upah Rp4.000 per hari.

Sehari-hari Mbah Suliyah menempati gubuk yang hanya berukuran kurang dari dua meter persegi. Dan di dalamnya tidak ada kakus, serta terkadang ia harus pergi ke sungai di seberangnya untuk mencuci.

Baca Juga: Rencana Pemerintah Membuka Kedatangan Wisman Harus Dilakukan Transparan. Begini Kata Wakil Ketua MPR

"Mbah Saliyah ini memang sendiri di sini, tapi ada adik kandungnya. Mbah Saliyah ditinggal suami (meninggal) sudah lama. Mengetahui kondisi Mbah Saliyah, kami dari Pemkab Sleman membantu beliau," katanya.

Setelah berbincang 20 menit, Kustini lantas menyampaikan bahwa Pemkab Sleman akan segera membenahi rumah yang ditempat Mbah Saliyah. Selain bantuan rehab, Kustini melalui dinas sosial juga memberikan bantuan peralatan rumah dan kebutuhan pribadi.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X