• Selasa, 26 Oktober 2021

KPK Dalami Keterangan Tiga Saksi Terkait Peran Bupati Banjarnegara Dalam Mengatur Pemenang Lelang Proyek

- Jumat, 17 September 2021 | 18:53 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.  ((Antara/HO-Humas KPK))
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. ((Antara/HO-Humas KPK))

JAKARTA, harianmerapi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami pengetahuan tiga saksi perihal peran tersangka Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (BS) dalam mengatur calon pemenang lelang proyek di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pada Kamis (16/9), KPK memeriksa ketiganya untuk tersangka Budhi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi turut serta dalam pemborongan, pengadaan atau persewaan di Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara Tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi.

"Didalami pengetahuannya, antara lain terkait dengan peran tersangka BS maupun tersangka KA (Kedy Afandi/orang kepercayaan Budhi) untuk mengatur para calon pemenang lelang paket pekerjaan di Kabupaten Banjarnegara," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Polisi Sudah Menerima Laporan Penganiayaan Yang Dialami Muhammad Kece

Tiga saksi tersebut, yakni Siti Munifah selaku wiraswasta/Direktur CV Putra Blambangan, Hestiyani Analiza selaku wiraswasta/Direktur CV Aztra dan Jamal Arifudin selaku Direktur CV Surya Banjar.

Selain itu, KPK pada Kamis (16/9) juga memeriksa dua saksi lainnya, yaitu Dwi Nugroho selaku Direktur PT Kalierang Agung Jaya dan Widjilaksono Dwi Anggoro selaku Direktur PT Purnama Putra Wijaya.

"Dwi Nugroho didalami pengetahuannya terkait dengan perusahaan milik saksi yang diduga turut diwajibkan untuk menggunakan surat dukungan dari PT SW (Sambas Wijaya)," kata Ali.

Baca Juga: Kapal Perang Indonesia Selalu Bersiaga di Laut Natuna Utara. Ini Alasannya

Sedangkan saksi Widjilaksono didalami pengetahuannya terkait dengan dugaan adanya arahan oleh tersangka Budhi baik secara langsung maupun oleh pihak lain kepada saksi dalam pengerjaan proyek di Kabupaten Banjarnegara.

Adapun pemeriksaan lima saksi tersebut digelar di Gedung Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bantul, DIY.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X