• Selasa, 26 Oktober 2021

Disiapkan Skenario Pemilihan Ulang, Pemilihan Ketua Pasopati Serasa Pilkada

- Kamis, 16 September 2021 | 20:56 WIB
Kegiatan para calon ketua Pasopati Pati. (Foto: Alwy Alidrus)
Kegiatan para calon ketua Pasopati Pati. (Foto: Alwy Alidrus)

PATI,harianmerapi.com - Pemilihan jabatan ketua Paguyuban Solidaritas Perangkat Desa Kabupaten Pati (Pasopati) segera dimulai.

Panitia menyiapkan berbagai skenario, termasuk dipersiapkan skenario Pemilihan Suara Ulang. Pemilihan ini pun serasa pilkada.

"PSU dilakukan jika terjadi jumlah suara dukungan yang sama," demikian ditegaskan ketua Panpel, H Nabiyanto SH, Kamis (16/9/2021).

Lima kepala desa, yakni Saman (kades Sukobubuk), Sutrisno (Sumbermulyo), Pandoyo (Tegalharjo), Maksum (Talun) dan Ahmad Rifa'i, M.H (kades Dukuhseti) maju mencalonkan diri ke gelanggang pemilihan ketua Pasopati. Mereka akan berebut ke kursi yang pernah diduduki ketua lama, Dwi Toto.

Menurut Nabiyanto, pemilihan akan berlangsung Sabtu (18/9/2021). Sebanyak 401 kepala desa dan Pejabat (Pj) memberikan hak suara di tingkat kecamatan. Yaitu menulis nama dan nomer urut calon yang dijagokan.

Selanjutnya, kotak suara dibawa ke kota kawedanan. Dan dilakukan penghitungan suara.

"Ketua terpilih adalah yang mendapat dukungan suara terbanyak. Namun jika terjadi suara dukungan yang jumlahnya sama, maka akan dilakukan PSU, dan yang punya hak suara hanya ketua kecamatan" ucap Nabiyanto.

Diakuinya, meski pemilihan ketua Pasopati menggunakan mekanisme seperti yang dilakukan KPUD dalam menggelar pilkada, namun untuk biaya yang dianggarkan hanya Rp 15 juta. "Dana tersebut murni berasal dari kas Pasopati," tegasnya.

Sementara itu, menjelang hari H pemilihan jabatan ketua Pasopati, namun gairahnya seperti pada pilkada. Tercatat para calon mengadakan rapat tim sukses.

Mereka mendekati kades sebagai pemilik suara, dengan menyampaikan program kerja.
"Semoga yang terpilih menjadi ketua, bisa menjalankan roda organisasi secara benar," ucap mantan kades Sambiroto, S Karjono SH MH, yang juga dikenal sebagai salasatu pendiri Pasopati. *

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

Gempa Susulan Guncang Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:13 WIB

Gempa Guncang Salatiga dan Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:56 WIB
X